Dada Kiri Sakit Nggak Selalu Karena Jantung Bermasalah

Kamis, 22 November 2018 Share to
Dada Kiri Sakit Nggak Selalu Karena Jantung Bermasalah

Penyakit jantung merupakan pembunuh No.1 di dunia untuk kategori penyakit tidak menular. Penyakit ini  seringkali ditandai dengan nyeri di bagian dada sebelah kiri. Alhasil, banyak orang yang langsung khawatir saat merasakan gejala ini.

Tapi apakah benar sakit dada kiri tanda penyakit jantung?

Menuru dr. Johan Winata, Sp.JP., dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, Jakarta, sakit dada kiri tidak selamanya disebabkan karena sakit jantung. Bisa jadi ini gejala adanya masalah di kulit dada, otot, lemak, tulang, paru-paru, atau sistem pencernaan.

Berikut merupakan beberapa kondisi yang ditandai dengan rasa sakit di sekitar dada bagian kiri.

  1. Emboli paru, merupakan kondisi ketika salah satu arteri di paru tersumbat oleh gumpalan darah. Gejala yang ditimbulkan adalah, sakit dada sebelah kiri, sesak napas dan batuk darah. Umumnya, emboli paru dialami oleh mereka yang mengalami obesitas dan para lansia.
  2. Hipertensi pulmonal, merupakan tekanan darah tinggi yang terjadi di paru-paru. Gejala yang ditimbulkannya adalah sakit dada sebelah kiri, sesak napas, pusing, lemah dan lesu. Jika tidak segera diatasi, hipertensi pulmonal bisa menyebabkan kematian.
  3. Kanker paru-paru, merupakan salah satu kondisi berbahaya yang ditandai dengan rasa sakit di dada bagian kiri secara terus-menerus dan berkala. Gejala lainnya yang mungkin timbul adalah, mengi, suara serak, dahak berdarah, dan peradangan di paru-paru.
  4. Radang paru-paru, sering disebut paru-paru basah atau pneumonia, merupakan kondisi yang ditandai dengan sakit di bagian dada sebelah kiri. Umumnya gejala ini akan terasa saat Anda menarik napas dalam-dalam, atau saat batuk.
  5. Kostokondritis, terjadi saat tulang rawan di bagian rusuk mengalami peradangan. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit di bagian dada sebelah kiri, dan kadang bisa menjalar hingga ke tulang belakang, mirip dengan gejala sakit jantung.

Tetap Waspada Dengan Serangan Jantung

Meskipun begitu, dr. Johan memperingatkan jika Anda merasakan sakit di bagian dada kiri, dan menjalar hingga ke area punggung dan leher, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini mungkin gejala penyakit jantung jantung koroner yang disebabkan adanya sumbatan di pembuluh darah.

Selain itu, gejala sakit dada yang disebabkan jantung koroner biasanya memiliki rasa seperti ditusuk-tusuk, jantung diremas-jemas, merasa seperti tertimpa beban besar, hingga timbul sensasi terbakar di area dada.

Umumnya, kondisi tersebut terjadi setelah jantung bekerja lebih keras, baik setelah berolahraga dengan intensitas tinggi, konsumsi makanan dengan kadar kafein yang sangat tinggi (overdosis kafein), hingga mengalami kepanikan atau kondisi lainnya.

Untuk lebih pastinya, segera periksakan diri Anda saat mengalami nyeri di bagian dada sebelah kiri, apalagi jika kondisi ini terjadi secara berulang.

Share to