Diabetes, Semakin Usia Bertambah, Risiko Meningkat Dua Kali Lipat

Selasa, 7 Januari 2020 Share to
Diabetes, Semakin Usia Bertambah, Risiko Meningkat Dua Kali Lipat

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya gangguan hormon insulin. Kadar gula darah yang menumpuk di dalam darah karena tidak bisa diserap sel tubuh dengan baik berisiko menjadi penyebab timbulnya berbagai gangguan organ tubuh. Kalau diabetes ini tidak dikontrol dengan baik, bisa muncul berbagai komplikasi yang akan membahayakan nyawa penderita diabetes.

Ada dua macam diabetes, yaitu diabetes tipe I dan diabetes tipe II. Pada diabetes tipe I, tubuh penderitanya tidak lagi mampu memproduksi insulin. Sedangkan pada diabetes tipe II, tubuh penderitanya  tidak mampu memproduksi cukup insulin atau insulin yang diproduksi tidak bekerja dengan efektif.

Siapa yang Berisiko Terkena Diabetes?

Semakin  tua usia kita, maka semakin berisiko pula kita terkena diabetes, bahkan risikonya bisa meningkat dua kali lipat. Anda yang saat ini sudah berusia di atas 45 tahun harus lebih waspada. Risiko ini semakin tinggi jika selama ini kita jarang melakukan latihan fisik, punya riwayat tekanan darah tinggi, dan mengalami kegemukan.

Anda harus ingat, selain usia yang bertambah tua, kegemukan atau obesitas juga salah satu faktor utama pemicu diabetes tipe II. Risiko menderita diabetes akan meningkat jika seorang pria memiliki lingkar pinggang di atas 40 inci (101,6 cm) atau wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 35 inci (88,9 cm).

Untuk Anda yang memiliki orang tua atau saudara yang menderita diabetes melitus (diabetes tipe I), maka Anda harus lebih waspada karena suka tidak suka Anda juga berpeluang terkena penyakit yang sama jika tidak menjalani pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat Ampuh Tekan Risiko Diabetes

Dari dua jenis diabetes, diabetes tipe II merupakan jenis diabetes yang lebih banyak diderita. Walaupun orang berusia lanjut lebih berisiko, kita yang masih muda pun juga berisiko terkena penyakit ini jika mengalami kelebihan berat badan (obesitas) dan tidak menjalani pola hidup sehat.

Karena itulah, selagi muda dan tubuh masih sehat, mulailah jalani pola hidup sehat agar tubuh senantiasa sehat dan risiko terkena penyakit-penyakit mengerikan, termasuk diabetes, bisa kita tekan. Rutinlah berolahraga, makan makanan yang bernutrisi dan jaga berat badan untuk memulai pola hidup sehat dan terhindar dari diabetes!

Share to