Fase Demam Berdarah yang Perlu Diketahui

Selasa, 5 Maret 2019 Share to
Fase Demam Berdarah yang Perlu Diketahui

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang dibsebabkan karena gigitan nyamuk Aedes aegypti. Si belang ini tergolong nyamuk yang cukup unik karena mampu terbang hingga 100 meter, lebih suka genangan air bersih, dan umumnya mengigit di pagi hari.

Gejala demam berdarah terkadang sulit dideteksi. Maka dari itu penting untuk mengetahui fase demam berdarah sebagai langkah antisipasi agar penyakit ini tidak berkembang jadi ancaman yang lebih serius.

Fase Demam

Fase demam merupakan gejala pertama dari penyakit ini. Di tahap awal, Anda akan mengalami demam tinggi hingga mencapai 400C. Kondisi ini umumnya terjadi selama 2-7 hari. Selain demam, Anda pun akan menemukan bintik merah di beberapa bagia tubuh, muka kemerahan, nyeri otot, dan sakit kepala.

Pada beberapa kasus, terkadang ditemukan gejala lainnya berupa nyeri dan infeksi tenggorokan, mual dan muntah, sakit di sekitar bola mata dan gejala lainnya. Gejala-gejala inilah yang menyebabkan jumlah trombosit atau sel darah putih menurun drastis.

Untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter, terutama jika demam Anda sudah berlang lebih dari 3 hari.

Fase Kritis

Setelah mengalami peningkatan suhu tubuh, suhu tubuh akan langsung menurun, dan gejala lainnya masih tetap sama, bahkan cenderung parah. Hati-hati, ini bukan pertanda Anda sedang menuju kesembuhan, justru ini merupakan fase kritis.

Fase kritis pun ditandai dengan kebocoran pembuluh darah. Kondisi ini umumnya ditandai dengan muntah secara terus menerus, pembesaran organ hati, mimisan, atau nyeri perut yang sangat hebat. Jika terus dibiarkan, pasien demam berdarah berisiko mengalami kematian.

Fase Penyembuhan

Setelah mengalami fase kritis, Anda akan kembali mengalami demam tinggi. Jangan panik, justru ini merupakan fase awal penyembuhan. Terus konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter, dan kalau perlu konsumsi jambu batu untuk menambah jumlah trombosit dan mempercepat fase penyembuhan ini.

Selama masa penyembuhan, demam perlahan akan menurun dan gejala demam berdarah pun mulai meninggalkan Anda. Dalam fase ini, istirahat yang cukup, konsumsi cairan dan makanan sehat merupakan solusi terbaik. Tapi ingat, terus berkomunikasi dengan dokter untuk memantau kesehatan Anda.

Share to