Gangguan Pernapasan Menjadi Salah Satu Gejala Virus Corona

Selasa, 25 Februari 2020 Share to
Gangguan Pernapasan Menjadi Salah Satu Gejala Virus Corona

2019-nCoV atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona merupakan jenis terbaru dari coronavirus yang bisa menular ke manusia. Virus jenis terbaru ini awalnya ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok, pada sekitar akhir bulan Desember 2019. Virus ini kemudian menular dengan sangat cepat dan sudah menyebar ke wilayah lain di Tiongkok dan ke beberapa negara lain di dunia.

Gejala Terinfeksi Virus Corona

Ada beberapa gejala umum seseorang terkena virus corona dan salah satunya adalah gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan ini bisa berupa infeksi pernapasan berat, sesak napas dan nyeri pada dada. Gejala lain yang biasa terjadi pada mereka yang terkena virus corona mirip gejala flu, seperti hidung berair (meler), sakit kepala, demam tinggi, batuk dan nyeri tenggorokan.

Jika Anda mengalami atau menemukan gejala virus corona pada orang lain seperti yang sudah disebutkan di atas, terutama kalau gejala-gejala tersebut muncul 2 minggu setelah kembali dari Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah positif terinfeksi virus corona, segeralah rujuk keĀ  IGD rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat dari tim medis.

Pencegahan Virus Corona

Karena sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah virus Corona, cara pencegahan virus corona yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan kita terinfeksi virus ini, yaitu:

  1. Sementara tidak bepergian ke Tiongkok atau ke negara-negara lain yang telah ditemukan adanya infeksi virus Corona.
  2. Pakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama kalau sehari-hari Anda beraktivitas di tempat umum.
  3. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer setelah beraktivitas di luar ruangan.
  4. Sementara hindari kontak dengan hewan, khususnya hewan liar. Jika terjadi kontak dengan hewan, langsung cuci tangan dengan air dan sabun setelahnya.
  5. Pastikan memasak daging sampai benar-benar matang sebelum Anda konsumsi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk terus waspada dan selalu jaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus yang mematikan ini!

Share to