Gula Darah Rendah Atasi dengan Cara Berikut

Rabu, 5 Juni 2019 Share to
Gula Darah Rendah Atasi dengan Cara Berikut

Gula darah rendah, seperti halnya gula darah tinggi, merupakan gangguan kesehatan yang tak boleh Anda pandang sebelah mata. Dikenal dengan istilah medis hipoglikemia, kondisi ini terjadi saat kadar glukosa dalam tubuh berada di bawah batas normal dan menurunkan performa otot maupun sel-sel pada otak. Sehingga mereka yang menderita hipoglikemia mudah merasa lemas.

Hipoglikemia bisa menyerang Anda yang belum makan selama beberapa jam hingga penderita diabetes. Sebagai pencegahan, berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan.

  • Pantau kadar glukosa secara berkala

Orang-orang yang mengalami masalah tekanan darah dan glukosa pada umumnya diminta untuk memantau kadar gula darah. Selain lewat pemeriksaan bersama dokter, Anda bisa memeriksanya sendiri dengan glukometer. Namun, Anda harus mempelajari dahulu cara pemakaiannya sesuai prosedur supaya tidak salah dalam mengukur glukosa.

  • Mengatur jam makan beserta asupannya

Jam makan untuk penderita hipoglikemia sebenarnya tidak berbeda jauh dengan orang dengan kadar glukosa normal. Pastikan Anda makan tiga kali sehari untuk porsi besar, lalu dampingi dengan makanan ringan di sela-sela waktu makan. Segera ganti asupan kalori yang terbuang setelah Anda beraktivitas seharian lebih sering daripada biasanya.

  • Memilih menu makanan yang seimbang

Beberapa orang mengira penderita hipoglikemia dapat menyantap porsi makan lebih besar karena mereka kekurangan tenaga. Padahal, Anda tetap harus menjaga keseimbangan dalam menu makanan yang dikonsumsi. Selalu masukkan sumber protein dari daging dan telur untuk menjaga tenaga. Lengkapi juga diet sehat Anda dengan karbohidrat kompleks dan pemanis alami.

  • Sediakan cemilan untuk menahan lapar

Sibuk bekerja sampai lupa makan besar? Ada baiknya Anda mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan menyediakan camilan sehat di kantor. Buah potong dari apel, jeruk, dan pir dengan tambahan keju akan menjaga stamina maupun glukosa dalam tubuh. Kacang-kacangan tanpa garam dan gula juga bisa menjadi makanan ringan andalan untuk menahan lapar sementara.

  • Selalu mematuhi petunjuk dokter

Jangan panik saat Anda didiagnosa mengidap gula darah rendah. Pelajari setiap petunjuk dokter saat memberikan resep dan diet yang dipatuhi. Langkah tersebut bertujuan menjaga glukosa tetap seimbang dan menjauhkan Anda dari berbagai kemungkinan terburuk. Konsultasi teratur juga membantu penderita hipoglikemia untuk mengetahui perkembangan terkini dari kondisi dan kesehatan tubuhnya.

Mudah-mudahan informasi ini memudahkan Anda mengecek kadar gula darah dan mengambil langkah tepat selama menjalani pengobatan.

Share to