Makanan-Makanan “Enak” untuk Pengidap Diabetes

Senin, 18 November 2019 Share to
Makanan-Makanan “Enak” untuk Pengidap Diabetes

Sebagai pasien penderita diabetes, Anda barangkali sudah tahu kalau makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi sangat terlarang untuk dikonsumsi. Jadinya, Anda merasa bahwa makanan enak semuanya jadi terlarang untuk Anda.

Padahal, makanan rendah karbohidrat dan rendah gula tak selamanya harus terasa hambar, lho! Kalau Anda tidak percaya, yuk temukan berbagai ide makanan “enak” yang aman untuk Anda yang punya masalah dengan kadar gula darah berikut ini. Selamat membaca!

Ide Makanan “Enak” yang Ramah Diabetes

  1. Applesauce pancake.

Makanan ini sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan dan punya kadungan lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Belum lagi, cara membuatnya juga sangat mudah. Resepnya pada dasarnya mirip seperti pancake pada umumnya, tapi Anda bisa ganti susunya dengan buttermilk bebas lemak dan applesauce yang tidak dimaniskan. Belum lagi, Anda bisa tambahkan buah favorit Anda untuk dinikmati bersama dengan pancake ini agar lebih mengenyangkan tanpa ada lonjakan kalori dalam jumlah besar.

  1. Salad barley dan polong hitam.

Barley alias jelei dan polong hitam bisa diolah jadi menu salad yang lezat untuk makan siang, lho! Meskipun kandungan karbohidratnya cukup tinggi sehingga bisa memberikan energi yang pas untuk beraktivitas sepanjang hari, salad sehat ini punya kandungan serat yang tak kalah tinggi sehingga lebih bersahabat untuk penderita diabetes. Selain itu, kandungan kolesterolnya juga rendah, sehingga aman untuk tekanan darah, kadar kolesterol, dan pastinya jantung Anda.

Untuk membuat salad ini, Andabisa campur bahan-bahan utamanya, yaitu polong hitam, jelai, anggur atau tomat ceri, paprika, keju, air perasan lemon, minyak zaitun, dan sejumput garam kalau diperlukan. Anda juga bisa tambahkan merica bubuk kalau Anda suka!

  1. Beri segar dengan krim mapel.

Memang benar bahwa makanan penutup sering kali identik dengan makanan manis yang perlu dihindari penderita diabetes. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan cara agar bisa tetap menikmati makanan penutup, ya! Contohnya sajian beri segar yang pastinya lebih sehat dan bebas pemanis buatan yang rendah kalori. Apalagi, buah beri juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu siapkan sour cream bebas lemak, sirup mapel, blueberry, dan raspberry. Campur cream dengan sirup mapel dan kocok sampai merata, lalu tuang di atas buah-buahan yang sudah ditempatkan di dalam mangkok atau cangkir.

Share to