Mengenal Gejala dan Penyebab Sinusitis

Rabu, 13 Mei 2020 Share to
Mengenal Gejala dan Penyebab Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan (inflamasi) yang terjadi pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Lokasi sinus ada di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Sinusitis umumnya disebabkan oleh infeksi kuman. Kondisi ini lebih rentan dialami oleh mereka yang aktif merokok, atau mereka yang sering berenang. Sinusitis juga bisa dipicu oleh kondisi medis tertentu, seperti polip hidung dan rinitis alergi.

Gejala Sinusitis

Ketika mengalami sinusitis, gejala yang tampak pada anak-anak biasanya ia akan pilek (hidung tersumbat), batuk dan cenderung rewel. Sedangkan pada mereka yang sudah dewasa, gejala sinusitis bisa berupa:

  • Adanya pembengkakan di sekitar mata.
  • Terasa nyeri pada bagian wajah.
  • Lendir (di hidung) berwarna kuning kehijauan.
  • Turunnya fungsi indera penciuman.

Pengobatan Sinusitis

Umumnya, sinusitis bisa diatasi dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Namun, pada kasus tertentu, sinusitis ada yang harus ditangani dengan menjalani operasi.

Pencegahan Sinusitis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sinusitis dan berikut adalah beberapa cara tersebut.

  1. Berhenti merokok.
  2. Menghindari penderita flu dan pilek.
  3. Melakukan imunisasi flu sesuai jadwal.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin informasi lebih lengkap tentang sinusitis bisa langsung berkonsultasi dengan ahli medis.

Share to