Menurunkan Kolesterol, Begini caranya!

Sabtu, 10 November 2018 Share to
Menurunkan Kolesterol, Begini caranya!

Penyakit jantung, dan strok menghantui mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Untuk menurunkan risiko tersebut, tentu saja Anda wajib menurunkan kadar kolesterol tersebut dengan konsumsi makanan sehat, cukup istirahat, lakukan aktivitas fisik dan lainnya.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kendalikan Stres

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortison dan kortisol. Nah, untuk memproduksi hormon tersebut, tubuh akan mendorong produksi kolesterol lebih tinggi. FYI, hanya sekitar 30 persen kolesterol yang dihasilkan makanan, sementara sisanya diproduksi secara lami oleh tubuh.

Kondisi ini akan makin parah saat Anda menderita emotional eating, atau terbiasa mengonsumsi banyak makanan (umumnya mengonsumsi junk food) saat stres melanda. Untuk itu, langkah pertama mencegah lonjakan kolesterol dalam tubuh adalah, dengan mengendalikan stres.

Olahraga

Olahraga tidak hanya membantu menjaga kebugaran saja, tapi cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut penelitian, olahraga efektif untuk merangsang enzim yang membantu mengeluarkan low density lipoprotein (LDL) dari dalam pembuluh darah untuk kembali ke hati.

Kabar baiknya, olahraga pun efektif meningkatkan produksi high density lipoprotein (HDL) atau kolsterol baik yang menjadi musuh alami LDL. Selain itu, olahraga pun ampuh mencegah stres, faktor penting yang menyebabkan lonjakan kadar kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi Makanan Sehat

Menurut dr Iwan Surjadi Handoko dari Kalbe Nutritionals, ada beberapa makanan yang dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol, seperti pisang dan apel. Selain itu, Anda pun bisa mengonsumsi sumber serat larut lainnya, seperti oatmeal, rokoli, wortel, buah berry, pir dan sayuran hijau.

Yang paling penting, Anda pun wajib menjauhi makanan-makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol, seperti gorengan, burger, pizza, hot-dog, mie instand, makanan tinggi garam dan tinggi gula. Selain itu, Anda pun wajib segera berhenti merokok dan menjauhi minuman keras.

Kapan harus konsumsi obat-obatan?

Selain dengan menjalankan gaya hidup sehat, Anda pun disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan khusus untuk menurunkan kolesterol. Tapi jangan asal, American Heart Association, menjelaskan hanya ada 4 kelompok utama yang sebaiknya mengonsumsi obat penurun kolesterol, yakni :

  1. Orang dewasa yang berusia 40-75 tahun, memiliki kadar kolesterol LDL 70-189 mg/dL.
  2. Orang yang sudah memiliki penyakit jantung dan masalah pembuluh darah, terutama yang berkaitan dengan pengerasan atau penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).
  3. Orang yang berusia di atas 21 tahun, dengan kadar kolesterol LDL di atas 190 mg/dL.
  4. Orang dengan diabetes dan punya kadar kolesterol LDL mendapai 189 mg/dL. Pemberian obat ini diproiritaskan untuk pengidap diabetes, hipertensi, dan perokok aktif.

Untuk mencegah efek samping yang mungkin ditimbulkan, sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol, Anda pun wajib berkonsultasi dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Share to