Nyeri Punggung, Salah satu Gejala Batu Ginjal

Kamis, 21 Mei 2020 Share to
Nyeri Punggung, Salah satu Gejala Batu Ginjal

Rasa nyeri pada punggung kerap terjadi saat kita beraktivitas berlebihan, baik itu bekerja maupun berolahraga. Nyeri punggung karena bekerja atau berolahraga bisa diatasi dengan melakukan pijatan atau sembuh dengan sendirinya.  Tapi jika rasa nyeri pada punggung tidak hilang-hilang selama beberapa waktu sebaiknya Anda harus mulai waspada. Kenapa? Karena mungkin saja nyeri punggung yang Anda rasakan adalah tanda bahwa kesehatan ginjal sedang terganggu.

Meskipun tidak semua sakit punggung itu artinya organ ginjal sedang bermasalah, tapi harus diketahui bahwa sakit punggung juga bisa menjadi patokan gejala atau tanda dari adanya masalah pada organ ginjal.  Ini dikarenakan letak ginjal yang berada di perut bagian atas di sisi kanan & kiri tubuh, berlawanan dengan otot punggung. Karena itulah saat ginjal bermasalah, salah satu gejala atau tandanya rasa nyeri pada bagian punggung.

Umumnya, nyeri punggung yang disebabkan oleh adanya masalah pada ginjal terletak di punggung bawah, tepatnya di antara bagian tulang rusuk yang paling rendah dan bokong. Rasa nyeri ini umumnya menyerang salah satu sisi tubuh namun bukan tidak mungkin bisa juga terjadi di kedua sisi. Nyeri pada bagian punggung ini bahkan tidak jarang menjalar ke bawah panggul, selangkangan, atau ke daerah perut.

Dilansir dari laman situs Kompas.com, Dokter Spesialis Urologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Nur Rasyid, Sp. U., mengungkapkan bahwa salah satu cara mudah untuk mengenali ciri sakit punggung karena ginjal yaitu rasa nyeri yang tidak hilang walau kita sudah mengubah posisi.

Sakit punggung biasa biasanya akan membaik dan berkurang ketika kita duduk atau berbaring. Selain itu, nyeri punggung biasa umumnya akan berkurang kalau dipijat. Sementara sakit punggung karena ginjal justru bisa akan terasa semakin nyeri saat ditekan atau dipijat. Jika memang sakit punggung yang Anda rasakan tidak hilang setelah mengubah posisi atau dipijat, segeralah berkonsultasi dengan ahli medis untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to