Pantangan-pantangan yang Sebaiknya Diikuti Penderita Diabetes

Jumat, 7 Juni 2019 Share to
Pantangan-pantangan yang Sebaiknya Diikuti Penderita Diabetes

Pasien yang kali pertama mendapatkan diagnosis diabetes tak dinyana sulit menghadapi kenyataan, apalagi saat dokter mengeluarkan daftar makanan yang pantang dikonsumsi. Anda mungkin tidak akan lagi menyantap makanan-makanan yang dulu bisa dinikmati sesuka hati dan harus menggantinya dengan diet sehat.

Namun, perlu diketahui pantangan yang dianjurkan dokter diberikan untuk menjaga kesehatan. Ada baiknya Anda mulai menyesuaikan diri dengan menghindari daftar makanan berikut ini.

  • Karbohidrat

Sumber karbohidrat simpleks atau sederhana seperti nasi putih, roti putih, serta kentang goreng menjadi pantangan paling utama yang harus segera dihindari. Anda yang senang menyantap sereal rendah serat juga sebaiknya harus menghentikan konsumsinya. Ganti dengan sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, biji-bijian utuh (whole grain), beras merah, dan ubi panggang.

  • Protein

Walau protein termasuk senyawa yang masih bisa dikonsumsi penderita diabetes, perhatikan asupan dan cara mengolahnya. Anda dapat menyantap sumber protein seperti telur, daging tanpa lemak, ikan, maupun kacang-kacangan. Hanya saja Anda harus memasaknya dengan cara direbus atau dikukus alih-alih digoreng untuk menghindari kenaikan kolesterol jahat.

  • Produk susu

Susu dan produk olahannya, seperti protein, masih aman dikonsumsi kalau Anda memilih jenis yang tepat. Antara lain plain yoghurt atau low-fat yoghurt, susu skim, dan keju rendah lemak. Sementara produk susu yang sebaiknya dihilangkan dari menu adalah es krim (terutama yang banyak rasa), susu full cream, hingga keju tinggi lemak.

  • Buah dan sayur

Buah dan sayur adalah jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes. Akan tetapi, cara mengolah dan kemasan produk makanan ini akan berpengaruh pada kesehatan. Hindari buah dan sayur kalengan, karena biasanya kandungan garam maupun gulanya sangat tinggi. Proses memakai bumbu alami yang tak akan melonjakkan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Minuman

Beberapa jenis minuman favorit Anda mungkin tak bisa dikonsumsi lagi begitu mengalami diabetes. Minuman bersoda atau soft drink, minuman berenergi, hingga minuman beralkohol adalah jenis yang akan langsung dilarang dokter. Kopi juga tak terlalu disarankan karena mengandung kafein, tetapi teh masih aman Anda minum selama memakai pemanis alami seperti madu atau diseduh tawar.

Imbangi diet Anda dengan kegiatan-kegiatan menyehatkan.

Perbanyak latihan fisik, sebab tubuh yang malas bergerak malah memperparah diabetes yang diderita. Jika memungkinkan, beli sayur dan buah organik untuk menghindari efek pestisida.

Share to