Pantangan yang Sebaiknya Diikuti Penderita Hipertensi

Jumat, 19 Juli 2019 Share to
Pantangan yang Sebaiknya Diikuti Penderita Hipertensi

Hipertensi termasuk penyakit yang tidak pandang bulu. Siapa saja dapat menderita penyakit ini, baik tua maupun muda, kaya maupun miskin, perempuan maupun pria. Pengobatan pun tidak bisa Anda abaikan begitu saja demi mengendalikan tekanan darah yang bisa melonjak tiba-tiba.

Kemudian, dilansir dari Boldsky, ada sejumlah pantangan yang harus Anda patuhi untuk mencegah risiko kambuhnya hipertensi, antara lain:

Makanan asin

Sodium dalam makanan asin atau garam menjadi hal pertama yang kerap pantang dikonsumsi penderita hipertensi. Pasalnya, sodium di luar batas normal akan mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, arteri, serta otak akibat naiknya tekanan darah. Anda masih bisa mengonsumsi makanan asin dengan catatan kadar garam yang disantap tak boleh melebihi 2,3 miligram per hari.

Makanan kaleng dan olahan

Meski terkesan aman, makanan kaleng rupanya tinggi akan garam yang dipakai sebagai pengawet. Jadi cukup jelas kurang dianjurkan bagi penderita hipertensi. Sementara makanan olahan seperti daging beku dan nugget mengandung natrium tinggi untuk menjaga kualitasnya. Sebaiknya Anda ganti makanan kaleng dan olahan dengan makanan organik yang belum terkena bahan pengawet.

Makanan manis

Selain garam, gula berlebih dalam makanan berbahaya bagi tekanan darah karena memberikan kalori ekstra. Salah satu camilan yang harus Anda batasi atau hindari adalah kue kering, terutama yang kaya akan gula tabur. Selain meroketkan tekanan darah, konsumsi makanan manis berlebih akan memicu masalah lain seperti obesitas dan diabetes.

Minuman ringan dan alkohol

Minuman ringan seperti soda memang menyegarkan, tetapi kandungan gulanya yang sangat tinggi dapat berbahaya pada penderita hipertensi. Serupa juga dengan minuman beralkohol yang mengandung gula yang cukup banyak. Bahkan konsumsi alkohol berlebih berpotensi merusak ginjal, menambah berat badan, hingga merusak kinerja jantung.

Nikotin dan kafein

Banyak orang yang bilang merokok kurang lengkap tanpa ditemani kopi, begitu pula sebaliknya. Namun, kandungan nikotin dalam rokok dan kafein pada kopi justru akan mengundang bahaya, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Ada baiknya Anda membatasi konsumsi kopi (bila memungkinkan jangan tambahkan gula) dan menghentikan kebiasaan merokok.

Acar

Salah satu pelengkap nasi goreng ini tampak menyehatkan karena terbuat dari buah dan sayur. Di sisi lain, acara juga menggunakan gula dan garam yang tak sedikit untuk mengawetkannya. Seperti yang telah dibahas pada beberapa poin sebelumnya, kedua bahan ini adalah pemicu lonjakan tekanan darah yang harus dikurangi bagi penderita hipertensi kalau tak mau penyakitnya kambuh.

Demikian serangkaian pantangan yang tak boleh dikonsumsi penderita hipertensi. Konsultasikan dengan dokter terkait jenis makanan dan minuman yang aman dimasukkan ke dalam menu untuk menstabilkan tekanan darah.

Share to