Penderita Diabetes Sebaiknya Makan Nasi Dingin, Mengapa?

Senin, 17 Februari 2020 Share to
Penderita Diabetes Sebaiknya Makan Nasi Dingin, Mengapa?

Untuk penderita diabetes, mengkonsumsi nasi putih memang perlu dibatasi agar bisa membantu mencegah naiknya kadar gula darah. Nah, untuk menghindari efek tersebut, ada anggapan bahwa penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi nasi putih dingin. Benarkah nasi dingin baik untuk penderita diabetes?

Nasi putih dikenal kaya zat pati (karbohidrat) yang bisa dicerna dan diserap cepat oleh usus halus, sehingga kadar gula darah bisa naik dengan cepat. Tetapi, zat pati ini bisa diubah menjadi zat pati resisten (zat pati yang sulit dicerna). Bagaimana caranya? Dengan menyimpan nasi yang sudah matang ke dalam kulkas dengan suhu 4°C selama 1 hari penuh (24 jam). Nasi yang sudah dingin itu kemudian dihangatkan lagi sebelum dikonsumsi. Zat pati resisten akan bisa membantu mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh usus.

Karena itulah nasi putih dingin (yang mengandung zat pati resisten) disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain bisa  mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh usus, nasi dingin juga memiliki beberapa manfaat dan berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Bantu mengontrol kadar gula darah

Nasi putih dingin diketahui punya indeks glikemik yang lebih rendah kalau dibandingkan dengan nasi putih yang baru saja matang. Karena itu, mengganti asupan nasi putih panas dengan nasi putih dingin bisa mengontrol kadar gula darah mereka yang menderita diabetes.

  1. Bantu turunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi pati resisten bisa mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Tapi, klaim ini masih perlu penelitian lanjutan karena sejauh ini, efek ini baru tampak pada hewan percobaan di laboratorium.

  1. Bisa berperan sebagai prebiotik

Pati resisten pada nasi putih dingin yang masuk ke usus besar bisa berperan sebagai prebiotik. Prebiotik berasal dari zat nutrisi yang tidak bisa dicerna dan tugasnya sebagai makanan bagi bakteri baik dalam usus besar. Bakteri baik akan melindungi tubuh dari bakteri jahat dan jamur yang bisa menimbulkan infeksi dan bisa membantu meminimalisir terjadinya peradangan.

  1. Membuat lebih kenyang dan tidak cepat lapar

Karena kadar pati resisten tinggi, proses mencernanya pun umumnya akan lebih lambat. Hal ini akan membuat bisa membuat kita merasa lebih kenyang dan tidak akan cepat lapar. Kalau rutin dikonsumsi, nasi putih dingin mungkin saja bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to