Sakit Kepala Memang Gejala Hipertensi ya?

Minggu, 11 November 2018 Share to
Sakit Kepala Memang Gejala Hipertensi ya?

Siapa pun pastinya tidak ingin mendapatkan serangan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, tidak semua orang cukup sadar untuk melakukan pencegahan. Akibatnya, mereka baru tahu terkena hipertensi saat sudah parah atau kronis. Apalagi penyakit ini kerap memicu komplikasi yang membahayakan tubuh.

Salah satu gejala yang sering dikeluhkan penderita hipertensi adalah sakit kepala. Memang terdengar tak terlalu berbahaya, tetapi apa korelasi di antara kedua penyakit itu hingga perlu Anda waspadai?

Penelitian seputar sakit kepala dan hipertensi

Tidak sedikit orang yang berasumsi bila sakit kepala akibat tekanan darah tinggi dipicu peningkatan aliran darah dari jantung. Akan tetapi, aktivitas tersebut terhenti di otak yang kemudian menimbulkan sensasi tekanan yang dalam nan sakit. Meski anggapan ini terdengar meyakinkan, faktanya hingga kini tidak ada seorang peneliti yang dapat membuktikan adanya hubungan sebab-akibat di antara hipertensi dengan sakit kepala.

Sebuah studi yang dilakukan tim peneliti di Norwegia menemukan lebih dari 22 ribu orang dewasa yang mengidap hipertensi tak pernah memperlihatkan gejala sakit kepala. Sejumlah partisipan yang terlibat di dalam riset yang berlangsung selama 11 tahun ini pun hanya melaporkan sakit kepala ringan. Uniknya, ada penelitian yang membuktikan bila tekanan sistolik (angka atas/tertinggi pada tekanan darah) di atas 150 justru berisiko 30% lebih rendah mengalami sakit kepala. Mereka menduga hal tersebut bisa terjadi karena dampak hilangnya sensitivitas sakit atau hypalgesia.

Kendati demikian, sakit kepala bisa jadi tanda tekanan darah tinggi kronis atau ganas. Jenis hipertensi tersebut umumnya muncul mendadak dan mempengaruhi kurang lebih 1% orang dengan tekanan darah tinggi. Orang dewasa muda—khususnya pria—adalah kelompok yang rentan mengalami hipertensi berat. Kondisi ini juga yang dapat mengantarkan Anda pada gangguan ginjal hingga pre-eklampsia.

Bagaimana cara menangani sakit kepala akibat hipertensi?

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi atau menangani risiko hipertensi. Antara lain mengatur ulang gaya hidup dan pola makan. Jika Anda harus mengonsumsi obat, pastikan juga tak ada kandungan kafein (seperti pada aspirin), sebab obat dengan dosis kafein tinggi malah menyebabkan sakit kepala.

Kemudian, konsumsi suplemen yang terbuat dari bahan-bahan alami dan diproduksi dengan teknologi canggih seperti HJ Generik. Anda bisa memperolehnya secara mudah di apotek dan rumah sakit setelah berkonsultasi pada dokter terpercaya.

Share to