Sayur-Sayur Ini Bersahabat dengan Kolesterol, Lho!

Senin, 22 Juli 2019 Share to
Sayur-Sayur Ini Bersahabat dengan Kolesterol, Lho!

Bagi Anda dengan masalah kesehatan karena kolesterol tinggi, jenis-jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya adalah makanan yang tidak akan membuat kadar kolesterol Anda melonjak. Lebih bagus lagi, pilihlah makanan yang justru dapat menurunkannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol, sehingga ramah untuk tubuh Anda. Apa saja, ya?

Tomat

Kandungan likopen di dalam tomat adalah sebuah jenis antioksidan yang menjadi alasan mengapa tomat berwarna merah. Nah, likopen ini terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat alias kolesterol LDL (low-density lipoprotein). Dengan konsumsi 25 mg likopen tiap hari, kolesterol jahat pun turun sebanyak 10%.

Bayam

Pada dasarnya, nyaris semua jenis sayuran bersahabat dengan kolesterol. Hanya saja, sayuran hijau gelap dianggap lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, seperti bayam. Di samping itu, sayuran ini pun mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Alasannya adalah adanya kandungan karotenoid dan lutein di dalam bayam. Kedua zat tersebut mampu menyingkirkan radikal bebas yang berbahaya dari dalam tubuh. Sebab, apabila radikal bebas yang berbahaya tersebut dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan arteri yang mengeras.

Bawang Putih

Bukan hanya terkenal sebagai bumbu masakan wajib, termasuk di Indonesia, bawang putih juga sudah lama digunakan sebagai salah satu tanaman obat untuk menjaga kondisi tubuh seseorang sejak zaman dahulu. Berdasarkan sebuah studi, ditemukan bahwa konsumsi bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Terong

Tahukah Anda kalau terong juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat? Di samping itu, konsumsi jenis sayuran yang satu ini pun dapat meningkatkan kinerja jantung dan menurunkan kadar gula darah, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes juga.

Selain sayuran, sebenarnya ada berbagai macam makanan lainnya yang dapat Anda konsumsi untuk bantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Contohnya gandum, buah apel, anggur, stroberi dan jenis buah-buahan beri lainnya, kacang-kacangan, dan ikan.

Jangan lupa juga untuk mengkombinasikan konsumsi sayur penurun kolesterol dengan gaya hidup sehat. Dengan begitu, kemampuan tubuh untuk menurunkan kolesterol pun dapat dioptimalkan karena gaya hidup sehat pun membuat Anda jadi lebih aktif secara fisik, terutama jika Anda memiliki masalah kelebihan berat badan atau sampai obesitas. Belum lagi, gaya hidup sehat juga membuat kondisi fisik Anda lebih baik dan bugar.

Untuk mendapatkan panduan atau rekomendasi pola makan dan gaya hidup sehat yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, ya!

Share to