Stress Bisa Sebabkan Kolesterol

Selasa, 9 April 2019 Share to
Stress Bisa Sebabkan Kolesterol

Belum banyak yang mengetahui bahwa stress bisa sebabkan kolesterol, hal ini tentunya sangat berbahaya dan wajib untuk diwaspadai. Mengingat setiap orang tentunya memiliki stress walaupun tingkatannya berbeda, namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa stress yang berlebihan bisa menjadi pemicu munculnya kolesterol. Padahal kolesterol merupakan hal yang sangat berbahaya karena dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan, mengingat setiap orang juga memiliki tingkat kolesterol yang beragam.

Alasan mengapa stress bisa menjadi pemicu munculnya kolesterol

Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa stress bisa menjadi pemicu munculnya kolesterol, dimana ketika tubuh stress maka tubuh dapat melepaskan hormon adrenalin dan kortisol dalam jumlah yang banyak. Tentunya kehadiran kedua jenis hormon tersebut dapat menjadi pemicu munculnya kolesterol, akan tetapi sebenarnya kolesterol dapat berfungsi untuk memberikan energi kepada tubuh termasuk dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Akan tetapi jika kehadirannya terlalu berlebihan maka sudah pasti kolesterol dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan termasuk memicu terjadi serangan jantung. Apalagi berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mereka yang mampu mengendalikan stress dengan baik maka  memiliki tingkat kolesterol yang baik, hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang tidak bisa mengendalikan stress dengan baik.

Mengendalikan stress bisa menurunkan kolesterol

Tentunya dengan mengendalikan stress maka Anda juga bisa menurunkan tingkat kolesterol, pastinya hal ini juga harus diiringi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kandungan lemak jenuhnya sedikit. Dengan memanajemen stress maka produksi hormon adrenalin dan kortisol juga tidak tinggi sehingga kolesterol tidak akan menjadi tinggi. Namun tidak semua orang dapat memanajemen stress yang mereka miliki, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda memikirkan hal yang penting saja dimana untuk hal-hal yang kecil maka tidak perlu dibawa fikiran. Selain itu Anda juga bisa melakukan hal yang disukai seperti melakukan hobi atau melakukan liburan untuk menurunkan tingkat stress juga. Jadi kolesterol Anda tidak akan tinggi mengingat stress bisa sebabkan kolesterol.

Share to