Tanda-tanda kalau Darah Tinggimu Sedang Kambuh, Waspadai!

Senin, 4 November 2019 Share to
Tanda-tanda kalau Darah Tinggimu Sedang Kambuh, Waspadai!

Hipertensi (tekanan darah tinggi) sering kali dianggap sebagai ‘kejutan’ karena kemunculannya acap kali tak ditandai gejala serius. Pada beberapa kasus, penderitanya tak menyadari mereka punya hipertensi sebelum menderita komplikasi atau gangguan kronis seperti diabetes hingga serangan jantung.

Nah, alangkah baiknya Anda mengenali tanda-tanda saat hipertensi akan kambuh. Dengan demikian, Anda bisa langsung melakukan pencegahan sebelum tekanan darah meroket tajam.

  • Sakit kepala

Pusing atau sakit kepala adalah salah satu gejala umum yang bakal Anda rasakan saat terserang sebuah penyakit, termasuk hipertensi. Jika Anda mendadak pusing dan intensitasnya semakin tinggi, waspadalah karena ada kemungkinan tensi darah sedang bermasalah.

  • Mual diikuti muntah

Gejala berikutnya yang menandakan kenaikan tekanan darah adalah mual yang kadang diikuti muntah. Tanda ini sama umumnya seperti sakit kepala. Namun, jangan menyepelekan keluhan tersebut, apalagi kalau semakin parah dan menyulitkan Anda beraktivitas.

  • Kesemutan sampai mati rasa

Sering mengalami kesemutan pada anggota tubuh seperti tangan atau kaki? Meski terkesan remeh, ada baiknya Anda berhati-hati. Kesemutan hingga mati rasa bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada saraf. Membiarkannya terlalu lama malah akan membawa risiko lebih parah seperti stroke.

  • Sesak napas

Dibandingkan gejala-gejala sebelumnya, sesak napas relatif jarang dialami penderita hipertensi. Akan tetapi, saat terjadi, bisa dipastikan kondisinya berada di stadium kronis. Hal ini tersebut disebabkan oleh kinerja jantung yang tak optimal akibat kerusakan pembuluh arteri.

  • Titik darah pada bola mata

Luangkan waktu sejenak buat berkaca, lalu perhatikan kedua bola mata Anda. Apakah ada titik darah yang muncul? Jika ya, ada kemungkinan Anda mengidap hipertensi karena adanya pembekuan darah di bola mata. Sayangnya, tak semua orang mengantisipasi gejala ini dan membiarkannya.

  • Penglihatan buram

Pandangan yang memburam diakibatkan gangguan pada peredaran darah yang mengarah ke saraf penglihatan. Amber Khanna, M.D, kardiolog dari UCHealth University of Colorado Hospital mengatakan kondisi ini memicu pembengkakan pembuluh darah yang berada di sekitar mata Anda.

  • Perut kembung dan susah kencing

Seperti yang telah disinggung, hipertensi erat dihubungkan dengan penyakit-penyakit kronis, sebut saja penyakit ginjal. Perempuan yang umumnya sering kali mengalami gangguan tersebut. Perut kembung dan susah buang air kecil tanpa mereka sadari datang dari tekanan darah yang tak stabil.

Apa Anda merasakan satu atau beberapa gejala di atas? Jika ya, jangan segera lakukan pengobatan sendiri. Sebaiknya Anda pergi dulu ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis akurat. Tak hanya itu, Anda juga bakal memperoleh resep obat yang direkomendasikan dokter.

Satu lagi, jangan malas memeriksakan tekanan darah Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendeteksi masalah sedini mungkin dan mengobatinya dengan cepat.

Share to