Waspada Penyakit Akibat Kolesterol Terlalu Tinggi

Kamis, 18 Juli 2019 Share to
Waspada Penyakit Akibat Kolesterol Terlalu Tinggi

Kadar kolesterol yang sudah tembus 200 mg/dl tak boleh Anda sepelekan begitu saja. Kolesterol tinggi yang dibiarkan tanpa penanganan tepat akan mengundang berbagai penyakit serius. Komplikasi lantas bakal mengancam nyawa Anda.

Memang Anda bisa ditolong obat-obatan untuk mengendalikan kolesterol. Namun, sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum menderita penyakit-penyakit yang dipicu kolesterol tinggi di bawah ini!

  • Penyakit jantung koroner

Salah satu risiko utama yang sering muncul dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri atau plak yang kemudian menyebabkan aterosklerosis (pengerasan arteri). Kondisi tersebut lantas menyempitkan arteri hingga melambatkan aliran darah menuju jantung yang mengakibatkan angina hingga serangan jantung.

  • Stroke

Faktor penyebab stroke cukup banyak, termasuk di antaranya berkurangnya pasokan darah ke otak akibat pembuluh darah yang tersumbat atau pecah. Ketika seseorang mengalami stroke, bagian otak yang terkena serangan ini tak akan memperoleh asupan darah maupun oksigen. Jaringan pada otak pun mati sampai menimbulkan gejala kelumpuhan pada fungsi indra dan anggota gerak tubuh.

  • Penyakit PAD

Penyakit pembuluh darah pelifer (PAD) adalah komplikasi lainnya yang ditimbulkan kolesterol tinggi. Mekanisme pada gangguan kesehatan ini tak berbeda jauh dari stroke dan penyakit jantung koroner, yakni terjadi akibat penumpukan lemak sepanjang dinding arteri dan merusak sirkulasi darah, terutama pada arteri yang mengarah ke bagian kaki.

  • Diabetes melitus tipe 2

Kolesterol dan diabetes menjadi dua hal yang sukar dipisahkan. Pasien diabetes melitus tipe 2 pada umumnya mempunyai kadar trigliserida tinggi dan HDL yang relatif rendah. Sementara itu LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh yang semakin meningkat akan menyempitkan arteri. Membiarkannya terlalu lama jelas akan memperparah diabetes yang diderita tubuh.

  • Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit lainnya yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. Pengerasan dan penyempitan pada arteri memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah untuk melewati pembuluh darah tersebut. Akibatnya sudah jelas, Anda akan memiliki tekanan darah tinggi yang sulit dikontrol.

  • Disfungsi ereksi

Bukan cuma pembuluh darah, genitalia pria juga bakal ikut bermasalah gara-gara kolesterol tinggi. Ukuran pembuluh darah yang berada di penis lebih kecil dibandingkan bagian tubuh lainnya, sehingga rentan mengalami penyempitan akibat lonjakan kolesterol. Anda pun bakal terkena disfungsi ereksi yang mengganggu keharmonisan rumah tangga.

  • Gangguan sistem cerna

Terakhir, gangguan sistem cerna menjadi dampak negatif yang dipicu kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut disebabkan adanya ketidakseimbangan pada empedu yang membentuk batu empedu. Malah 80% batu empedu yang ditemukan didominasi kolesterol. Plak pada arteri juga berpotensi memblokir darah ke lambung dan ginjal yang menyebabkan sindrom iskemik.

Share to