Waspadai Telinga Berdenging Bisa Jadi Gejala Darah Tinggi

Senin, 27 Januari 2020 Share to
Waspadai Telinga Berdenging Bisa Jadi Gejala Darah Tinggi

Tinnitus atau telinga berdenging sebenarnya bukan sebuah penyakit tersendiri, melainkan gejala dari penyakit lain yang ada hubungannya dengan organ atau anatomi tubuh di sekitar telinga. Telinga berdenging juga sejatinya adalah kondisi yang cukup umum dan terjadi pada 1 dari 5 orang. Walaupun mengganggu, biasanya telinga berdenging tidak menandakan masalah serius dan bisa hilang dengan sendirinya.

Bagaimana jika telinga berdenging dalam waktu yang lama?

Jika telinga berdenging yang Anda alami sampai dalam level mengganggu dan timbul terus menerus maka Anda perlu waspada karena mungkin saja  itu adalah tanda atau gejala Anda mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi dan faktor-faktor lain yang bisa meningkatkan tekanan darah, seperti stres, alkohol, dan kafein memang bisa menyebabkan dengingan di telinga semakin terasa.

Pembuluh darah utama yang ada di dekat telinga bagian tengah dalam akan berkurang elastisitasnya, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat serta terdengar oleh telinga. Jika telinga berdenging yang Anda rasakan tersebut tak kunjung hilang, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan)

Penyebab Lain Telinga Berdenging

Ada beberapa penyebab lain telinga berdenging selain hipertensi (tekanan darah tinggi) seperti, terlalu sering mendengarkan suara yang keras, menumpuknya kotoran di telinga yang menyebabkan iritasi gendang, efek samping obat tertentu, kekurangan zat besi dan penyebab lainnya.

Untuk itu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda mengalami telinga berdenging, apalagi dalam waktu yang lama atau berulang, sebaiknya diperiksakan ke dokter THT supaya Anda mengetahui penyebab yang mana untuk gangguan telinga berdenging yang Anda sering atau sedang alami.

Share to