Yuk, Kendalikan Resiko Diabetes Dengan Cara Berikut

Jumat, 5 Juli 2019 Share to
Yuk, Kendalikan Resiko Diabetes Dengan Cara Berikut

Walaupun faktor genetik mempengaruhi risiko diabetes pada seseorang, faktor-faktor lain yang datang dari gaya hidup dan pola makan perlu mendapatkan perhatian juga dari Anda. Status diabetes sebagai silent killer membuat sebagian besar orang mengabaikan kesehatan. Akibatnya, mereka panik saat dokter memberikan diagnosis diabetes yang sudah parah.

Anda yang dinyatakan sehat bukan berarti bisa bernapas lega. Ada baiknya Anda mengendalikan risiko diabetes sedini mungkin dengan cara-cara berikut.

Mengontrol berat badan

Peluang seseorang menderita diabetes akan naik tujuh kali lipat saat mempunyai obesitas atau berat badan berlebih. Naiknya bobot tubuh sering kali dipicu asupan makan kurang teratur dan tubuh yang jarang diajak berolahraga. Sebaiknya Anda mulai mengontrol berat badan dengan menjaga makanan yang dikonsumsi dan memilih olahraga untuk menjaga bentuk tubuh ideal.

Rajin beraktivitas

Menyambung dari poin sebelumnya, aktivitas fisik akan menekan risiko diabetes pada seseorang. Hal ini disebabkan otot tubuh yang sering diajak bekerja keras akan meningkatkan kemampuannya memakai insulin dalam penyerapan glukosa. Anda tak perlu memilih kegiatan berat. Jalan kaki selama 30 menit per hari saja dapat mengurangi peluang diabetes sampai 30%, lho.

Kurangi menonton televisi

Semakin lama menonton televisi, semakin pasif tubuh Anda bergerak. Kemungkinan diabetes juga akan naik sekitar 20% saat Anda menonton televisi selama dua jam, terutama bila tak diimbangi latihan fisik. Kondisinya makin parah apabila Anda menonton televisi sambil makan junkfood. Melewatkan beberapa jam dari aktivitas di depan layar untuk berolahraga tak akan merugikan Anda.

Asupan makan sehat

Empat perubahan dalam pola makan akan memberikan dampak besar terhadap kesehatan. Jika Anda tak mau menderita diabetes sejak dini, ada baiknya perbanyak sayur, buah, dan biji-bijian kaya serat yang akan memperpanjang rasa kenyang. Kurangi minuman manis dan daging merah yang telah lama dikenal sebagai faktor penyebab diabetes yang sulit dihindari.

Hindari rokok dan alkohol

Merokok menjadi kebiasaan buruk yang lumayan sulit dihentikan, apalagi kalau sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Padahal, peluang terkena diabetes pada perokok bisa mencapai 50%. Sementara itu, walau studi menyebutkan konsumsi 1-2 gelas alkohol per hari dapat menurunkan risiko diabetes, ada baiknya Anda menghindari jenis minuman ini untuk mencegah kemungkinan buruk.

Kontrol tekanan darah

Selain dengan kolesterol, tekanan darah tak bisa dipisahkan juga dari diabetes. Pasalnya, tekanan darah seseorang dipengaruhi kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya. Anda juga akan lebih mudah mengetahui peluang terkena diabetes apabila melakukan pemeriksaan berkala pada tekanan darah.

Semoga informasi ini membuat Anda semakin rajin berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari risiko diabetes dan penyakit lainnya!

Share to