Baked Broccoli and Salmon, Menu Sehat untuk Makan Siang Besok

Senin, 25 November 2019 Share to
Baked Broccoli and Salmon, Menu Sehat untuk Makan Siang Besok

Apakah Anda sedang mencari menu makan siang yang enak, sehat, dan berbeda daripada biasanya? Kalau iya, yuk coba menu baked broccoli and salmon ini! Selain enak, makanan ini juga bisa dibuat dengan mudah dan cepat, lho. Apalagi, perpaduan rasa brokoli dengan salmon memang sudah terbukti sempurna. Dan meskipun nama menunya terlihat ‘wah’, sebenarnya makanan ini cukup sederhana.

Daripada Anda terus-terusan penasaran, yuk simak resep baked broccoli and salmon untuk menu makan siang Anda besok berikut ini!

Resep Baked Broccoli and Salmon

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • 680 gram ikan salmon fillet, diiris jadi 4 bagian
  • 1 buah brokoli berukuran besar, dibagi-bagi ke dalam potongan lebih kecil (kira-kira 3-4 cangkir)
  • 2 1/2 sdm minyak kelapa leleh, dibagi
  • 1-2 siung bawang putih, dicacah halus
  • 3/4 sdt garam, dibagi
  • Merica hitam (black pepper)
  • 1 buah lemon, diiris-iris

Cara membuat:

  1. Panaskan oven sampai suhunya mencapai kira-kira 200 derajat Celcius. Kemudian, siapkan loyang panggang besar yang sudah dilapisi dengan kertas loyang.
  2. Atur posisi salmon di dalam loyang, dan jangan lupa untuk menyisakan jarak antar potongannya.
  3. Oleskkan 1 sdm minyak kelapa di atas permukaan ikan salmon yang sudah ditata di dalam loyang. Taburi dengan cacahan bawang putih sampai tersebar secara merata. Kemudian, tamburi ikan dengan kira-kira 1/4 sdt garam, atau sesuai dengan selera, serta merica hitam. Terakhir, atur irisan lemon agar menutupi ikan salmon. Kalau sudah dibumbui, diamkan dulu selama beberapa saat.
  4. Ambil wadah berisi brokoli, kemudian campur dengan 1 1/2 sdb minyak kelapa, 1/2 sdt garam, dan merica hitam sampai merata. Kalau sudah, atur posisi brokoli di dalam loyang mengelilingi salmon.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama kira-kira 13-15 menit, atau sampai ikannya matang dan brokoli berubah warna menjadi sedikut keemasan pada ujung-ujungnya.
  6. Keluarkan loyang dari dalam oven dan biarkan dingin. Setelah cukup hangat, Anda bisa pindahkan salmon ke wadah terpisah, kemudian taburi dengan daun parsley untuk hiasan, dan beri taburan lemon agar rasanya makin segar.

Meskipun menu baked broccoli and salmon ini paling pas dinikmati selagi masih hangat, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam kotak bekal untuk dinikmati sebagai makan siang di kantor, kok! Dan karena cara membuatnya yang begitu mudah dan cepat, Anda dapat menyiapkan masakan ini di pagi hari supaya bisa langsung menyantapnya di siang hari sehingga kesegaran dan kelezatan rasanya masih terjaga. Di samping itu, jumlah porsinya juga pas untuk bekal makan siang semua anggota keluarga, kan?

Selamat mencoba!

Share to