Bikin Granola Sendiri di Rumah, Kenapa Nggak?

Selasa, 24 Maret 2020 Share to
Bikin Granola Sendiri di Rumah, Kenapa Nggak?

Granola bagi para pencinta gaya hidup sehat apasti sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini, makanan yang terbuat dari rolled oats, biji-bijian, kacang -kacangan, aneka buah kering, dan madu. Menjadikan makanan ini baik di konsumsi saat pagi hari karena baik untuk pencernaan dan juga dapat memberikan asupan energi serta kaya serat pangan dan kalori yang rendah

Saat ini banyak granola kemasan yang banyak dijual di supermarket, namun sebagian besar kandungan granola yang banyak di jual di supermarket sudah ditambah dengan gula, cokelat dan pemanis buatan lainnya. Yang membuat granola kemasan tersebut kalorinya menjadi besar selain itu harganya relative mahal.

Sebenarnya granola bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di pasaran dan cukup mudah kalau  buat sendiri dirumah, dengan begitu anda juga bisa mengontrol kalori yang terkandung jika membuatnya sendiri. Berikut cara membuat  granola dirumah

Bahan basah :

2 sdm minyak sayur

125 ml gula cair rendah kalori

2 sdm madu organik

1 sdt ekstrak vanili

Biji-bijian:

300 g rolled oats

50 g biji bunga matahari

4 sdm biji wijen

50g biji labu

Kacang-kacangan:

50 g almond cincang

50 g kacang mede

Buah kering:

50 g kismis

50 gram beri kering

Cara membuat:

Panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celcius. Kemudian campurkan bahan-bahan basah dalam mangkuk besar. Aduk dengan sendok sampai benar-benar tercampur.

Tambahkan rolled oats, kacang-kacangan, dan biji-bijian, kemudian aduk lagi hingga tercampur rata.

Tuangkan granola ke dalam loyang datar. Jangan ditumpuk agar seluruh bagian granola bisa matang sempurna saat dipanggang. Panggang selama 15 menit. Angkat dan campurkan buah kering, kemudian panggang kembali selama 10-15 menit.

Keluarkan granola dari loyang, dinginkan, kemudian tempatkan di wadah tertutup untuk penyimpanan. Granola ini bisa disimpan sampai satu bulan lebih.

Catatan:

Sajikan granola seperti sereal dengan susu rendah kalori.

Rolled oats adalah gandum yang dipipihkan sebelum dikeringkan. Berbeda dari oatmeal instan, rolled oats memiliki bentuk yang lebih utuh dan pipih. Produk ini bisa didapatkan di supermarket.

Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering bisa diganti dengan bahan lain, sesuai selera. Misalnya saja kacang tanah (mentah), sultana, atau kenari.

Gula cair juga bisa diganti dengan gula jawa rendah kalori atau sirup maple rendah kalori.

Share to