Kale Quinoa Salad, Resep Sehat untuk Pengidap Hipertensi

Jumat, 29 November 2019 Share to
Kale Quinoa Salad, Resep Sehat untuk Pengidap Hipertensi

Salad merupakan salah satu pilihan menu makanan yang menyehatkan, kaya serat, dan sangat praktis untuk dibuat. Tak jarang, Anda bisa menyiapkan salad hanya dalam 15 menit, lho! Dan pada kesempatan kali ini, Anda bisa temukan resep kale quinoa salad yang pasti sama menyehatkan dan mudah untuk dibuat.

Selain kaya serat dan nutrisi lain yang penting untuk tubuh seperti vitamin dan mineral, kale quinoa salad juga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan potasium di dalam kale yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sementara itu, kandungan seratnya yang tinggi bisa bantu turunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Tips Mengolah Kale

Meskipun manfaat kale untuk kesehatan sudah banyak dibuktikan, nyatanya masih banyak yang ragu mengonsumsinya karena rasanya yang pahit. Anda bahkan mungkin salah satunya. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada trik khusus yang bisa membuat rasa pahit kale berkurang, teksturnya jadi lebih empuk, dan pastinya tanpa mengurangi kandungan gizinya.

Caranya adalah dengan mulai mencabuti kale dari batang tengahnya. Kemudian, potong kale panjang-panjang seperti seukuran batang korek api dan cacah kasar. Masukkan kale ke dalam sebuah mangkok, tambah air perasan jeruk lemon, kemudian campur. Diamkan selama kira-kira 15 menit sambil sesekali dicampur lagi.

Resep Kale Quinoa Salad

Bahan yang disiapkan:

  • 3 cangkir quinoa matang, atau kira-kira 1 cangkir quinoa kering kemudian masak
  • 10 cangkir kale mentah tanpa batang, cacah
  • 1 cangkir buah cranberry kering
  • 3/4 cangkir kacang almond, iris pipih

Bahan untuk salad dressing:

  • 3 sdm cuka balsamik
  • 1/4 cangkir cuka apel (apple cider vinegar)
  • 1/4 cangkir extra virgin coconut oil (minyak VCO)
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Siapkan sebuah mangkok besar, kemudian tambahkan quinoa matang , kale cacah, irisan almond, dan buah cranberry kering. Campur semua bahan, sisihkan dulu.
  2. Siapkan sebuah mangkok lagi, kemudian masukkan bahan-bahan untuk salad dressing: cuka balsamik, cuka apel, minyak kelapa, madu, dan garam. Gunakan kocokan manual (whisker) untuk mencampir seluruh bahan salad dressing, dan pastikan bahwa madu juga tercampur merata atau tidak menempel di bagian dasar mangkok.

Tuangkan salad dressing ke atas bahan-bahan salad yang sudah disiapkan di langkah nomor satu. Cicipi dan sesuaikan rasanya berdasarkan selera Anda, dan salad sudah bisa dinikmati!

Share to