Kreasi Resep Kue dengan Oatmeal

Jumat, 26 Juli 2019 Share to
Kreasi Resep Kue dengan Oatmeal

Kue, terutama kue kering alias biskuit atau cookies, merupakan camilan yang terkenal akan kelezatannya. Rasanya yang manis berpadu dengan tekstur kue kering yang cukup renyah, sehingga sering jadi pilihan makanan untuk camilan di perjalanan maupun di rumah, baik untuk menyambut tamu atau dinikmati sendiri.

Hanya saja, kue kering pun terkenal akan kandungan gulanya yang tinggi, apalagi kue kering kemasan yang dijual di toko-toko. Belum lagi masih ada risiko kandungan bahan pengawet juga. Jadi, apakah tidak ada solusi lain agar Anda bisa menikmati kue kering yang lebih sehat, namun tak kalah lezatnya?

Tenang saja, karena Anda bisa membuat sendiri kue kering di rumah yang lebih sehat, lho! Bahkan, cara pembuatannya juga sangat mudah, karena Anda bisa memanfaatkan oatmeal sebagai bahan utama, bukannya tepung terigu biasa. Apalagi, dengan membuat sendiri camilan untuk dinikmati kapan saja, Anda bisa tentukan sendiri seberapa banyak kandungan gulanya sehingga tidak akan melebihi jumlah yang Anda inginkan!

Yuk, simak resep kue kering dari oatmeal yang mudah berikut ini!

Resep Kue Kering dari Oatmeal dengan Kismis

Bahan:

  • 200 gr oatmeal
  • 250 gr tepung terigu protein rendah
  • 200 gr salted butter
  • 50 gr margarin
  • 160-170 gr brown sugar atau gula palem
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 butir telur, ambil bagian kuningnya saja
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 150 gr kismis atau potongan kacang almond, sesuai dengan selera

Instruksi dan cara membuat:

  1. Siapkan oven dan panaskan sampai suhunya mencapai 160 derajat Celcius.
  2. Sambil menunggu oven panas, ambil wadah dan kocok salted butter, margarin, serta gula sampai mengembang menggunakan mixer. Kemudian, tambahkan pasta vanila dan kuning telur, lanjutkan kocok sampai semua bahan tercampur rata, dan matikan mixer.
  3. Dalam wadah terpisah, ayak halus terigu, bubuk kayu manis, dan baking powder menggunakan saringan yang rapat sampai halus. Setelah diayak halus, campurkan ke dalam campuran bahan yang sudah disiapkan di langkah sebelumnya, dan tambahkan oatmeal. Aduk menggunakan spatula kayu sampai semuanya tercampur dengan rata.
  4. Tambahkan kismis, kemudian aduk kembali dengan spatula kayu sampai rata. Kalau Anda tidak suka kismis, Anda bisa ganti dengan potongan kacang almond.
  5. Siapkan loyang yang sudah diberi alas silpat atau yang permukaannya diolesi mentega. Gunakan sendok untuk mencetak adonan kue kering di atas loyang. Tekan sedikit dengan garpu.
  6. Pastikan oven sudah mencapai suhu yang sudah ditentukan, masukkan loyang ke dalam oven, dan panggang selama kira-kira 30 menit.
  7. Keluarkan loyang, dinginkan kue kering, dan Anda sudah bisa menikmatinya!
Share to