Oven Baked Salmon with Prata Bread untuk Sarapan

Rabu, 2 Oktober 2019 Share to
Oven Baked Salmon with Prata Bread untuk Sarapan

Ada banyak ide menu sarapan sehat yang bisa Anda coba, lho! Untuk kali ini, ada resep oven baked salmon yang super mudah dan cepat, serta pastinya bisa mencukupi kebutuhan gizi harian Anda, terutama asupan asam omega-3. Untuk sumber karbohidratnya, Anda bisa santap prata bread alias roti prata yang krispi dan lezat.

Resep Oven Baked Salmon with Prata Bread

Bahan untuk roti prata:

  • 40 gr mentega
  • 1 sdt gula pasir
  • 500 gr tepung terigu kualitas bagus
  • 150 ml susu cair
  • 2 sdt garam halus

Cara memasak roti prata:

  1. Siapkan mangkok besar dan masukkan tepung, gula, dan garam. Campur adonan kering sampai rata.
  2. Sambil terus mengaduk adonan, tuangkan susu cair sedikit demi sedikit secara perlahan.
  3. Terus campir adonan sampai merata dan menjadi kalis. Bentuk adonan menjadi bulatan, kemudian diamkan dulu agar sedikit mengembang selama kira-kira 20 menit.
  4. Bagi adonan ke dalam beberapa bagian dan bentuk jadi bulatan-bulatan. Anda bisa gunakan timbangan jika ingin berat masing-masing bagian seragam, misalnya sekitar 50 gram.
  5. Ambil satu bagian adona yang sudah dibulatkan dan taburi dengan tepung. Ratakan adonan menggunakan gulungan atau roll kayu seperti untuk mengulung adonan roti pada umumnya. Gulung sampai adonan mencapai ketebalan yang diinginkan. Lanjutkan untuk semua bulatan adonan yang ada.
  6. Siapkan teflon penggorengan dan olesi permukaannya dengan sedikit mentega. Biarkan kering dan panaskan di atas api sedang-kecil.
  7. Masukkan adonan roti yang sudah digulung ke dalam wajan, masak sampai warna kulitnya jadi kuning keemasan. Masak seluruh adonan yang sudah disiapkan.
  8. Angkat dan roti prata sudah bisa dinikmati, atau dibiarkan dulu sampai menghangat sambil Anda menyiapkan baked salmon.

Bahan untuk oven baked salmon:

  • 3 sdm kecap (sebaiknya pilih dengan kadar sodium rendah)
  • 2 sdm minyak zaiton
  • 2 sdm madu murni
  • 1 sdm mustard
  • 2 siung bawang putih, cacah halus
  • 500 gr salmon fillet, masih dengan kulitnya

Cara memasak oven baked salmon:

  1. Jika salmon disimpan di dalam kulkas, keluarkan dulu dan biarkan sampai suhunya turun dan mencapai suhu ruangan. Sambil menunggu, Anda bisa siapkan bahan-bahan lainnya.
  2. Panaskan oven sampai suhunya mencapai kira-kira 200 derajat Celcius, dan siapkan baking dish atau loyang yang dilapisi dengan alumunium foil.
  3. Siapkan sebuah mangkok kecil, dan masukkan kecap, minyak zaitun, madu, mustard, dan bawang putih. Kocok dan campur sampai merata.
  4. Jika suhu daging salmon sudah turun ke suhu ruangan, ambil dan letakkan di dalam baking dish atau loyang yang sudah disiapkan dengan posisi kulit ada di bawah. Tuangkan kira-kira 2/3 mangkok saus yang sudah disiapkan di langkah nomor 3 di atas salmon. Simpan 1/3 sisanya.
  5. Panggang salmon selama kira-kira 15 menit, kemudian oleskan 1/3 sisa saos yang ada ke seluruh permukaannya. Panggang lagi selama kira-kira 2 sampai 5 menit.

Pindahkan salmon ke atas piring saji. Sajikan dan nikmati bersama roti prata, atau masukkan ke dalam kotak makanan sebagai bekal.

Share to