Red Chia Seed Pudding nan Sehat

Sabtu, 17 November 2018 Share to
Red Chia Seed Pudding nan Sehat

Chia seed merupakan sejenis bijian-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica (jenis tanaman mint).  Selain memiliki rasa yang cukup lezat, chia seed pun dikenal sebagai makanan super dengan segudang manfaat, dari mulai mencegah penyakit jantung, stroke hingga hipertensi.

Chia seed mengandung asam lemak omega 3, dan tinggi serat. Selain itu, biji-bijian mungil ini pun tidak mengandung gluten (gluten free) dan kaya akan antioksidan, sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan utama di kala diet.

Agar tidak cepat bosan, ada banyak jenis olahan berbahan dasar chia seed yang bisa Anda nikmati, salah satunya adalah red chia seed pudding, hidangan spesial yang terdiri dari campuran chia seed dengan buah naga, yoghurt, stoberi, dan bahan lainnya. 

Bahan Utama

  • 1 cangkir susu UHT rasa stoberi
  • 1 cangkir greek yogurt rendah lemak
  • ½ daging buah naga, diblender hingga hancur
  • ¼ cangkir biji chia
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • ¼ cangkir kacang almond panggang
  • 2 cangkir buah stroberi, dipotong kecil-kecil
  • Madu, secukupnya

Cara Membuat

  1. Masukkan susu UHT rasa stoberi bersama yogurt, madu dan ekstrak vanili ke dalam botol shaker, kemudian kocok hingga seluruh bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan biji chia dan daging buah naga yang sudah dihancurkan, kocok kembali bahan-bahan hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan ke dalam mangkuk es krim. Masukkan ke dalam kulkas, dan diamkan selama 30 menit.
  4. Ambil adonan pudding (setengah jadi) tadi, aduk adonan dengan menggunakan sendok.
  5. Simpan kembali adonan pudding ke dalam kulkas, dan Anda boleh mengambilnya besok pagi.
  6. Sebelum disajikan, tambahkan potongan buah stroberi, kacang almond dan madu sebagai pemanis alaminya. Sajikan selagi dingin.

Biji chia akan berubah jadi puding dengan konsentrasi pudding yang lembut dan tidak terlalu padat. Anda bisa mengganti bahan-bahan toppingnya dengan jenis buah-buahan lainnya, seperti potongan buah naga, melon, nanas, mangga atau buah lainnya sesuai dengan selera.

Menu ini cocok dikonsumsi di siang hari sebagai makanan penutup, atau bisa juga dikonsumsi sebagai makanan sela sebelum jam istirahat makan siang.

Share to