Resep Membuat Roti Tanpa Tepung Terigu

Selasa, 30 Juli 2019 Share to
Resep Membuat Roti Tanpa Tepung Terigu

Membuat roti tanpa menggunakan tepung terigu, memangnya bisa? Tentu saja bisa, bahkan rasanya tak kalah lezat, lho! Apalagi, roti tanpa terigu ini punya bentuk menarik serta tekstur yang ringan tanpa ada rasa khas telur sama sekali. Karena itu, roti ini sering disebut juga dengan nama Cloud Bread dan cocok untuk Anda yang vegan.

Untungnya, Cloud Bread bisa Anda buat sendiri di rumah. Penasaran ingin menjajalnya? Temukan resepnya di sini!

Resep Cloud Bread, Roti Tanpa Tepung Terigu

Bahan:

  • 3 butir telur, pisahkan antara bagian putih dengan kuningnya
  • 85 gr krim keju dengan atau rendah lemak, atau 3 sdm sour cream, keju ricotta, keju cottage, atau yogurt kental
  • 1/2 sdt gula pasir rendah kalori
  • Krim tartar, secukupnya
  • Garam, secukupnya

Instruksi dan cara membuat:

  1. Siapkan oven dan panaskan sampai suhunya mencapai kira-kira 150 derajat Celcius.
  2. Siapkan loyang atau baking sheet, dan lumuri permukaannya dengan minyak sayur. Sisihkan terlebih dahulu. Anda juga bisa gunakan cetakan muffin, cupcake, atau loaf.
  3. Di dalam mangkok besar, kocok bagian putih telur dan krim tartar dengan kocokan yang masih bersih selama kira-kira 3 sampai 4 menit, atau sampai kocokannya nampak kaku dan nyaris kering. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Di dalam mangkok besar yang berbeda, kocok krim keju/sour cream/keju ricotta/keju cottage/yogurt kental, yang manapun sesuai pilihan Anda, dengan kocokan yang sama (tidak usah dicuci atau dilap dulu) sampai teksturnya berubah menjadi lembut. Tambahkan bagian kuning telur, gula rendah kalori, dan garam selama kira-kira 2 menit dan warnanya menjadi kuning muda.
  5. Tambahkan kira-kira 1/3 dari campuran putih telur dari langkah 3 ke dalam campuran bahan di langkah 4 untuk “meringankan” adonan. Tambahkan campuran putih telur sisanya sampai gelembungnya menghilang, tapi pastikan bahwa adonan tidak menjadi kempes.
  6. Bentuk adonan ke dalam bentuk yang Anda suka, misalnya bulat-bulat. Letakkan adonan yang sudah dibentuk di atas loyang. Panggang di dalam oven dengan durasi yang disesuaikan dengan ukuran roti yang dibuat. Catat bahwa makin besar bentuk roti, makin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk memanggang.
  7. Setelah roti terpanggang sempurna dan berwarna cokelat keemasan dengan permukaan yang renyah, keluarkan loyang atau cetakan dan dinginkan selama beberapa menit. Baru kemudian pindahkan atau keluarkan roti dari loyang atau cetakan dan dinginkan sepenuhnya.
  8. Roti bisa langsung dinikmati, atau disimpan di dalam toples kedap udara.
Share to