Shirataki Aglio e Olio, Pengganti Pasta yang Enak

Senin, 30 Desember 2019 Share to
Shirataki Aglio e Olio, Pengganti Pasta yang Enak

Tingginya kandungan karbohidrat dan kalori yang terdapat di dalam pasta membuat bahan makanan ini jadi “musuh” utama mereka yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, dan Anda barangkali adalah salah satunya. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya Anda masih bisa menikmati lezatnya hidangan pasta tanpa khawatir soal berat badan yang kembali bertambah, kok!

Apalagi, sekarang Anda bisa mencoba bahan makanan alternatif yang digunakan sebagai pengganti pasta biasa. Namanya adalah shirataki noodles, atau yang juga sering disebut sebagai “miracle noodles”. Seperti julukannya, shirataki noodles ini juga punya rasa yang ajaib – tampilan dan rasanya nyaris menyerupai pasta biasa, tapi pastinya bisa Anda santap tanpa rasa takut berat badan kembali naik.

Shirataki noodles ini terbuat dari tanaman konjac alias konnyaku dan banyak ditemukan di Cina dan Jepang. Di dalam shirataki noodles, bisa dibilang kandungan kalorinya nol karena jumlahnya yang memang sangat rendah – hanya 3 gram per porsi!

Sebenarnya, shirataki noodles digunakan sebagai bahan makanan pengganti untuk sajian khas Asia seperti ramen atau bahkan Pad Thai. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera, ya. Pasalnya, Anda juga bisa kok membuat sajian pasta dengan shirataki noodles, seperti shirataki aglio e olio. Penasaran seperti apa resepnya? Temukan resepnya di bawah ini!

Resep Shirataki Aglio e Olio

Bahan-bahan:

  • 400 gram shirataki noodles atau shirataki pasta
  • 6 siung bawang putih, diiris tipis-tipis
  • 6 buah jamur portabella, diiris
  • 3 lembar daging bacon, dicacah
  • 6-8 lembar daun basil, cacah kasar
  • Minyak zaitun
  • Mentega
  • Garam dan merica, sesuai dengan selera
  • Minyak truffle 
  • Parutan keju parmesan, untuk penyajian

Cara pembuatan:

  1. Siapkan shirataki noodles di dalam sebuah wadah atau saringan, kemudian bilas dengan air dingin yang mengalir selama kira-kira 1 menit. Setelah itu, rendam shirataki noodles di dalam air panas selama 2 menit, tiriskan.
  2. Siapkan sebuah penggorengan, kemudian panaskan. Tuangkan shirataki noodles dan goreng tanpa air atau minyak. Balik shirataki noodles setiap beberapa detik selama kira-kira 5 menit, atau sampai Anda mendengar suara mendesis. Matikan api dan sisihkan terlebih dahulu,
  3. Goreng cacahan daging bacon sampai garing dan renyah, kemudian sisihkan.
  4. Siapkan kembali penggorengan (Anda bisa gunakan penggorengan yang sama seperti yang digunakan untuk menggoreng shirataki noodles di langkah nomor 2), kemudian tambahkan mentega dan minyak zaitun. Tumis bawang putih, lalu tambahkan jamur portabello sampai jamur menjadi empuk. Kemudian masukkan cacahan daging bacon yang sudah digoreng.
  5. Masukkan shirataki noodles yang sudah disiapkan ke dalam penggorengan, tambah garam dan merica sesuai dengan selera, lalu tambahkan daun basil.

Tambahkan sedikit minyak truffle sebelum disajikan. Anda bisa tambahkan dengan parutan keju parmesan.

Share to