Tips Memasak Sayur Bayam Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Senin, 1 Juni 2020 Share to
 Tips Memasak Sayur Bayam Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Sudah bukan rahasia lagi, bayam memang salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Untuk membelinya pun cukup mudah karena hampir semua pasar atau pun tukang sayur keliling selalu menyediakan sayuran yang satu ini. Mengolah bayam sekilas mudah, tapi ingat, bayam jika tidak diolah dengan benar bisa menyebabkan nutrisi baik di dalamnya rusak atau bahkan hilang.

Anda tidak mau bukan sayur bayam yang dimakan keluarga menjadi tidak lagi bernutrisi? Nah, karena itulah kita perlu tahu betul cara paling benar untuk memasak bayam. Ingin tahu bagaimana cara memasak sayur bayam agar nutrisinya tetap terjaga? Berikut adalah tipsnya.

  1. Pilih bayam yang masih dalam keadaan segar

Bayam mengandung banyak antioksidan, vitamin (A, K, C, Folat), mineral (besi, mangan) dan serat. Tapi sayang, nutrisi ini bersifat mudah rusak. Karena itu, ketika membeli bayam sebaiknya pilih ayam yang masih segar.

  1. Jangan masak terlalu lama

Agar nutrisinya tidak hilang, jangan memasak bayam terlalu lama. Bayam bisa matang cuma dengan pemanasan selama 1 menit. Perebusan yang terlalu lama beresiko membuat bayam kehilangan separuh dari asam folatnya.

  1. Cuci bersih sebelum diolah

Karena cuma perlu dimasak sebentar saja, pastikan mencuci bayam sebersih mungkin sebelum dimasak. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan parasit yang belum mati.

  1. Bayam jangan dipanaskan ulang.

Ini bukan karena bayam mengandung nitrat yang beracun seperti mitos yang beredar selama ini, namun lebih kepada kandungan nutrisi bayam yang akan akan semakin rusak sehingga kita tidak akan mendapat manfaat apapun jika nutrisi di dalam bayam sudah rusak.

 

Itulah beberapa tips memasak sayur bayam agar nutrisinya tetap terjaga. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Share to