Tips Tumis Kangkung Sehat ala Dr OZ

Jumat, 15 Mei 2020 Share to
Tips Tumis Kangkung Sehat ala Dr OZ

Hampir semua orang suka menyantap tumis kangkung, apalagi jika teksturnya masih renyah. Disantap bersama dengan nasi yang panas, lezatnya sudah pasti menggoyang lidah. Tapi ingat, kita harus berhati-hati saat menyantap tumis kangkung, karena jika tidak diolah dengan benar bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Lalu, bagaimana cara membuat tumis kangkung yang tidak hanya lezat tapi juga sehat?

Dr OZ Indonesia menyarankan untuk membelah batang kangkung menjadi dua sebelum ditumis. Ini disarankan oleh mendiang dr. Ryan Thamrin karena ada kejadian masyarakat di Yogyakarta dihebohkan oleh berita meninggalnya seorang pemuda karena mengkonsumsi sayur kangkung. Lalu apa sebenarnya hubungannya pemuda tersebut meninggal dunia karena mengkonsumsi sayur kangkung? Berikut rangkuman penjelasan di akun Instagram mendiang dr. Ryan Thamrin.

Pada tahun 2017, di sebuah klinik yg terkenal di Yogya, seluruh Dokter kebingungan karena ada seorang pemuda asal Solo bernama Rifai yang menderita sakit perut. Ia dibawa ke klinik karena sudah 2 hari menderita diare. Sudah diberi berbagai macam obat, tapi diare tidak kunjung sembuh.

Setelah diperiksa, ternyata sebelum menderita diare, pemuda itu mengkonsumsi tumis kangkung di restoran bersama orang tuanya. Dokter segera melakukan X-RAY, dan di temukanlah lintah yang sudah berkembang biak. Dokter menyerah dan tidak bisa mengambil tindakan medis apapun.

Pemuda itu pun tidak bisa diselamatkan karena setelah diteliti ternyata lintah bermukim di dalam batang kangkung yg besar. Untuk mereka yang hobi menyantap kangkung, bagian batang memang yang paling digemari. Yang harus diingat, lintah yg berada di dalam batang kangkung tidak mati walau dimasak selama 20 menit dan hanya akan mati jika dibakar.

Karena itulah, saat mengolah kangkung, terutama untuk ditumis, pastikan kangkung yang akan diolah dicuci bersih dan belah batang kangkung, terutama yang berukuran besar, menjadi dua untuk memastikan kangkung bersih dan aman untuk diolah.

Share to