4 Alasan Diabetes Bisa Memperburuk Kondisi Mereka yang Terinfeksi Covid-19

Selasa, 29 September 2020 Share to
 4 Alasan Diabetes Bisa Memperburuk Kondisi Mereka yang Terinfeksi Covid-19

Mereka yang menderita diabetes harus lebih waspada di masa pandemi yang terjadi saat ini karena diabetes ternyata bisa memperburuk kondisi kesehatan mereka yang terinfeksi Covid-19. Mengapa demikian? 

 

Dilansir dari laman situs detikHealth, dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, FES, dokter spesialis endokrin, mengungkapkan kalau seseorang yang sudah mengidap diabetes kemudian terinfeksi COVID-19, kondisinya bisa dikatakan sudah fataldan berikut adalah 4 alasan diabetes bisa memperburuk kondisi mereka yang terinfeksi COVID-19 menurut dr. Roy.

 

  1. Daya Tahan Menurun

Mereka yang mengidap diabetes daya tubuhnya atau imunnya akan menurun. Ketika titik gula darah tinggi, kemampuan sel-sel yang membuat zat-zat imunitas akan berkurang dan akhirnya tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit lain yang bisa memperburuk kondisinya.

 

  1. Pembuluh darah yang rusak

Pada mereka yang sudah lama mengidap diabetes, pembuluh darahnya rusak. Itulah yang bisa membuat organ-organ tubuh lainnya juga rusak dan akhirnya memperburuk kondisinya.

 

  1. Faktor usia

Biasanyanya pengidap diabetes berusia lanjut. Mayoritas dari mereka berusia di atas 60 tahun dan karena tubuh sudah tidak lagi muda, kondisi ini bisa berpotensi membuat kesehatan tubuh semakin memburuk.

 

  1. Munculnya penyakit penyerta lainnya

Pada mereka yang mengidap diabetes, banyak penyakit lain yang mengikuti. Contohnya darah tinggi, kolesterol, dan asam urat. Dengan kondisi ini, bisa membuat kondisi mereka semakin buruk jika terinfeksi COVID-19.

 

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin tahu lebih lengkap tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis. 



Share to