7 Antioksidan Terbaik untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Minggu, 6 September 2020 Share to
7 Antioksidan Terbaik untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Fungsi antioksidan adalah untuk membantu mempertahankan sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang jika menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif kronis ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa menurunkan sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Untuk mencegahnya, berikut adalah beberapa sumber antioksidan terbaik yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

  1. Anggur

Anggur, khususnya yang memiliki warna gelap, diketahui banyak mengandung phytochemical, antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung. Anggur mengandung dua macam phytochemical (anthocyanin dan proanthocyanidin), yang baik untuk sistem imun tubuh.

  1. Kale

Kale adalah salah satu sayuran yang sering ada dalam menu diet. Kale kaya vitamin (A, K dan C), antioksidan (anthocyanin) dan rendah kalori.  Selain itu, kale juga sumber kalsium nabati dan mineral penting yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Cokelat jenis ini diketahui punya kandungan kakao yang lebih tinggi dibandingkan jenis cokelat lain. Ini positif karena semakin tinggi kandungan kakao, semakin tinggi pula kandungan antioksidannya.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya vitamin, mineral, antioksidan dan juga rendah kalori. Bayam mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang berperan penting dalam melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV. Antioksidan ini juga membantu menjaga kesehatan mata dari radikal bebas.

  1. Blueberry

Blueberry juga merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Antioksidan yang terdapat dalam blueberry adalah anthocyanin, antioksidan yang bisa membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah. 

  1. Stroberi 

Buah yang satu ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan (anthocyanin) di dalam stroberi bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, stroberi juga mengandung ellagic acid yang bisa membantu melindungi tubuh terhadap hal-hal yang karsinogenik, baik itu dari makanan maupun lingkungan. 

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga salah satu sumber antioksidan terbaik. Beberapa kacang-kacangan mengandung antioksidan yang disebut kaempferol. Antioksidan ini mampu membantu mengurangi peradangan kronis dan menekan pertumbuhan kanker. 

Itulah beberapa beberapa sumber antioksidan terbaik yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Untuk informasi lebih lengkap tentang hal ini bisa Anda tanyakan langsung kepada ahli gizi atau ahli medis. Semoga informasinya bermanfaat!

Share to