Begini Cara Mudah untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Minggu, 22 November 2020 Share to
Begini Cara Mudah untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Selain menerapkan protokol pencegahan, penting juga untuk meningkatkan imunitas tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus corona yang sampai saat ini masih menjadi pandemi di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Lalu, bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh? 

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Dilansir dari laman situs halodoc.com, menurut Yufang Lin, MD, dokter pengobatan integratif di Cleveland Clinic di Ohio, mengonsumsi makanan nabati seperti sayur dan buah bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Ini karena sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, yang bisa membantu imunitas dan organ-organ tubuh berfungsi dengan baik. 

  1. Rutin Olahraga

Berdasarkan ulasan yang dimuat di Frontiers in Immunology, olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis (seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung), serta infeksi akibat virus dan bakteri. Jadi, mulailah untuk rutin berolahraga jika ingin daya tahan tubuh tetap terjaga.

  1. Tidur yang Cukup & Berkualitas

Sejatinya, tubuh mampu melakukan penyembuhan dan regenerasi ketika tidur. Karena itulah, tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika kita tidak cukup tidur, daya tahan tubuh akan terganggu dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal.

  1. Jangan Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan fungsi daya tahan tubuh terganggu. Tak hanya itu, perokok aktif juga diketahui punya risiko tinggi mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Kalau juga hobi mengonsumsi alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru otomatis akan semakin besar.

 

Tidak sulit bukan untuk meningkatkan imunitas tubuh? Selamat mencoba tipsnya dan selalu ingat untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi belum berakhir ya!

 

Share to