Binatang Peliharaan Bisa Menularkan Virus Corona, Benarkah?

Rabu, 1 April 2020 Share to
Binatang Peliharaan Bisa Menularkan Virus Corona, Benarkah?

Adanya kasus virus corona pada anjing, kucing dan seekor harimau yang diberitakan belum lama ini menyebabkan kekhawatiran baru, mungkinkah kita terinfeksi Covid-19 (virus corona) dari hewan peliharaan dengan cara yang sama seperti manusia menularkannya kepada manusia lain? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

Anggapan bahwa binatang peliharaan bisa menularkan Virus Corona sebaiknya tidak kita percayai karena sampai saat ini, belum ada bukti kalau hewan peliharaan bisa menjadi salah satu sumber penyebaran Covid-19 yang sedang menjadi pandemi di banyak negara.

Virologist dari University of Nottingham, Professor Jonathan Ball, seperti dilansir dari laman situs detik.com, mengatakan bahwa binatang peliharaan (kucing) bukan 'tersangka utama' dari penyebaran Covid-19. Menurut Professor Jonathan Ball, saat ini yang paling berpotensi menularkan Covid-19 adalah manusia ke manusia yang lain.

Tapi, walaupun sampai saat ini belum terbukti bahwa binatang peliharaan bisa menularkan Virus Corona, tidak ada salahnya kalau kita selalu menerapkan kebersihan diri dan juga hewan peliharaan di rumah.

Badan kesehatan dunia, WHO, merekomendasikan semua pemilik hewan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh atau berinteraksi dengan hewan kesayangannya di rumah. WHO juga menyarankan, kalau pemilik hewan peliharaan merasakan gejala-gejala COVID-19 dan tinggal bersama hewan peliharaan, segera menjaga jarak agar hewan peliharaan tidak ikut tertular.

Terakhir yang tidak kalah penting, pastikan hewan peliharaan selalu berada di area rumah selama pandemi dan rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan. Hal ini penting agar resiko penularan virus dan bakteri dari hewan peliharaan ke manusia bisa diminimalisir resikonya.

Share to