Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Konsumsi Obat

Selasa, 19 Mei 2020 Share to
Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Konsumsi Obat

Saat sakit kepala, yang biasanya kita lakukan adalah minum obat. Padahal tidak semua jenis sakit kepala harus disembuhkan dengan mengkonsumsi obat. Obat memang bisa membantu menghilangkan sakit dengan cepat, tapi ingat, resiko efek sampingnya, seperti nyeri otot, mual dan muntah, gangguan organ hati, jantung berdebar, dan lain sebagainya.

Sakit kepala sebenarnya bisa dikurangi rasa nyerinya tanpa harus mengkonsumsi obat dan berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Istirahat dan matikan lampu

Cahaya yang silau atau terlalu terang dari lampu, layar hp, laptop atau televisi bisa menyebabkan sakit kepala terasa lebih nyeri. Beristirahatlah di ruangan atau tempat yang tenang dan redup sambil memejamkan mata.

Hindari juga kebisingan ada di lingkungan sekitar. Buat tubuh Anda merasa rileks dan melemaskan bagian kepala serta pundak dengan bersandar di bantal yang terasa empuk dan nyaman.

2. Lakukan pijatan lembut pada leher dan pelipis

Untuk mengurangi nyeri saat sakit kepala, pijatlah bagian leher dan pelipis. Pijatan di area tersebut bisa membantu melancarkan aliran darah dan meredakan sakit kepala karena otot yang tegang.

Saat memijat, pakailah jari telunjuk dan atau ibu jari. Cukp lakukan pijatan ringan tetapi konstan selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Ulangi lagi sampai sakit kepala berkurang.

3. Kompres bagian kepala yang sakit

Kompres kepala juga bisa dicoba untuk membantu meredakan sakit kepala. Tapi, perhatikan dulu jenis sakit kepala yang diderita. Kalau sakit kepala akibat otot yang tegang, bersandarlah pada bantal pemanas atau kompres hangat di sekitar leher dan pangkal tengkorak.

Kalau Anda menderita sakit kepala sinus, kompres kain hangat pada bagian yang sakit kemudian biarkan beberapa saat. Mandi air hangat untuk meredakan sakit kepala juga direkomendasikan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala tanpa harus mengkonsumsi obat. Selamat mencoba dan jika sakit kepala belum juga reda, Anda bisa minum obat pereda sakit kepala atau akan lebih baik lagi jika langsung berkonsultasi dengan ahli medis

Share to