Diabetes dan Tetap Ingin Makan Buah? Begini Tipsnya!

Jumat, 23 November 2018 Share to
Diabetes dan Tetap Ingin Makan Buah? Begini Tipsnya!

Salah satu pantangan yang wajib dijauhi penderita diabetes adalah, mengonsumsi makanan tinggi gula. Hal ini dilakukan agar kadar gula darah mereka tetap berada dalam angka aman. Tapi bagaimana dengan buah-buahan. Apakah penderita diabetes boleh mengonsumsinya?

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal tahun 2013, yang meneliti efek diabetes dan konsumsi buah-buahan, dan dilakukan terhadap lebih dari 190 ribu orang responden, menyebut jika konsumsi buah-buahan, (terutama blueberry, anggur, dan apel), efektif menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dalam keterangannya, tim peneliti menyebut jika buah-buahan mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

Pada penderita diabetes, kandungan antioksidan ini efektif membantu mengurangi peradangan akibat dari stres oksidasi, yang berkaitan erat dengan komplikasi. Selain itu, gula dalam buah-buahan merupakan golongan fruktosa yang tidak menimbulkan kenaikan gula darah secara signifikan.

Kenali Aturannya

Meskipun baik untuk penderita diabetes, ada beberapa aturan wajib yang harus Anda perhatikan. Dalam penelitian yang sama, disebutkan jika buah-buahan yang dikonsumsi para relawan merupakan buah utuh, artinya tidak diolah terlebih dahulu.

Justru sebaliknya, buah-buahan yang diolah dengan cara dijus atau dibuat smoothies, malah akan meningkatkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang kerap menambahkan krim, atau gula tambahan dalam jus mereka hingga malah akan menaikan kadar gula darah.

Selain cara pengolahan, Anda pun harus membatasi porsinya. Dalam sekali makan, biasanya penderita diabetes membutuhkan asupan karbohidrat hingga 45 gram.

Agar seimbang, sebaiknya konsumsi buah-buahan hanya sekitar 15 gram karbohidrat, atau setara dengan 1-2 buah apel. Sementara sisanya (30 gram karbohidrat), bisa diisi dengan menu lainnya, seperti sayuran, gandum, oatmeal, atau makanan lainnya yang biasa Anda konsumsi.

Mengenai jenis buah-buahannya, ada beberapa jenis buah yang memang sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes, diantaranya apel, anggur, nanas, buah beri, buah-buahan citrus (seperti jeruk, lemon, limau dan lainnya), pepaya, mangga, aprikot, dan blewah.

Tapi agar tidak terjadi hal yang diinginkan, sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi buah-buahan. Semoga bermanfaat!

Share to