Efek Gizi Buruk Terhadap Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Sabtu, 16 Januari 2021 Share to
Efek Gizi Buruk Terhadap Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Pasti banyak dari Anda yang sudah tahu bahwa tubuh kita butuh protein, kalori, dan beragam nutrisi yang cukup agar fungsi tubuh berjalan dengan normal. Kalau hal ini tidak tercukupi, maka ada resiko terjadi gizi buruk yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Gizi buruk tidak boleh dianggap sebelah mata karena merupakan salah satu masalah kesehatan utama di dunia yang bisa menyebabkan kematian, terutama jika gizi buruk terjadi pada anak-anak. Penderita gizi buruk juga diketahui sangat berisiko mengalami efek fisiologis jangka panjang, seperti resistensi insulin, hipertensi, dislipidemia, risiko diabetes dan beresiko mengalami penumpukan lemak di bagian perut.

Gejala Gizi Buruk

Gejala dari gizi buruk biasanya bisa kita kenali dari tubuh fisik yang semakin lemah, muncul gangguan perkembangan fisik dan mental, danĀ  yang paling umum adalah menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh rentan terserang penyakit.

Gejala-gejala lain dari gizi buruk adalah lesu, tidak nafsu makan, napas lebih lambat, kulit kering, rambut rontok, suhu tubuh rendah, mati rasa pada tangan/kaki dan diare.

Mengatasi dan Mencegah Gizi Buruk

Untuk mereka yang mengalami gizi buruk, tentu membutuhkan perawatan dalam waktu yang tidak sebentar. Dokter biasanya akan menganjurkan pemberian asupan kalori melalui makanan kecil, atau bisa juga menambahkan suplemen protein cair kalau pasien diketahui punya masalah dalam mencerna makanan.

Untuk mencegah gizi buruk, satu cara yang paling efektif adalah rutin mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Konsumsi buah dan sayuran, juga roti, nasi, atau kentang sebagai sumber karbohidrat. Dan sebagai sumber protein, rutinlah mengonsumsi susu dan produk olahan susu, daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to