Guava, Buah Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Jumat, 9 Oktober 2020 Share to
Guava, Buah Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun yang prima sangat dibutuhkan, terutama saat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung. Dengan sistem imun yang prima, penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh kita. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun kita adalah dengan mengonsumsi vitamin C. 

Vitamin C yang larut dalam air ini bertugas sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan akibat lingkungan. Salah satu cara untuk memperoleh vitamin C adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan  kandungan vitamin tersebut, contohnya guava atau dikenal juga dengan nama buah jambu biji.

Guava merupakan sumber vitamin C, serat, dan zat lain yang bisa membantu melindungi sel tubuh seperti polifenol, asam askorbat, dan karetenoid. Zat dalam jus jambu biji ini akan membantu memperlambat atau menghentikan efek berbahaya dari oksidasi. 

Vitamin C yang terkandung di dalam jambu biji juga diketahui mampu membantu proses penyembuhan luka dan membentuk jaringan parut ( membantu pertumbuhan kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah yang sehat), serta memperbaiki dan menjaga tulang rawan, tulang, dan gigi.

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji juga diketahui lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Dalam setiap 100 gram guava terdapat 228 mg vitamin C. Sedangkan buah jeruk  hanya mengandung 53 mg vitamin C di setiap 100 gramnya. 

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi guava demi imun tubuh yang prima ya!

 

Referensi: https://www.alodokter.com/guava-si-merah-peningkat-sistem-imun

Share to