Ingin Tetap Makan Asin? Begini Mensiasatinya

Sabtu, 8 Desember 2018 Share to
Ingin Tetap Makan Asin? Begini Mensiasatinya

Makanan asin nan ‘bermecin’ memang sukar dihindari. Zat adiktif yang terdapat dalam jenis makanan ini menimbulkan rasa candu yang akan menyulitkan Anda berhenti. Padahal, konsumsi makanan asin dalam jumlah berlebih akan membuat nafsu makan tidak bisa dikontrol dan membahayakan kesehatan tubuh.

Masih ingin makan santapan ‘mecin’ tanpa harus menghadapi masalah kesehatan? Berikut rangkaian tip yang dapat Anda ikuti!

  • Menjaga rasa kenyang sepanjang hari

Alih-alih langsung menjalankan program diet, sebaiknya Anda membentuk pola makan sehat terlebih dahulu. Salah satunya dengan menjaga rasa kenyang agar stabil sepanjang hari. Pastikan Anda sarapan 1 atau 2 jam setelah bangun tidur, lalu jaga jeda antara makan sekitar 4-6 jam. Jika Anda masih tertarik makan makanan asin, periksa nilai nutrisinya. Beberapa jenis makanan yang bisa dipilih mencakup buah-buahan segar, yoghurt, kakao, dan dark chocolate.

  • Kurangi atau hentikan konsumsi soda diet

Sejumlah penelitian membuktikan minuman dengan pemanis buatan rupanya tak memberikan efek terhadap bobot tubuh. Kebalikannya, soda diet malah berpotensi memperlebar lingkar pinggang. Dalam jangka panjang, pemanis buatan yang menumpuk pada tubuh akan mendorong Anda menyantap sumber gula yang sesungguhnya. Terus meminum soda diet berpotensi mengundang penyakit berbahaya seperti diabetes hingga penyakit jantung.

  • Melakukan program ulang selera makan

Program ulang selera makan mungkin akan terasa sulit kalau Anda sudah terlalu lama kecanduan makan makanan berpengawet. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mempraktikannya. Caranya juga mudah, yakni mengganti makanan asin atau manis biasa dengan makanan ‘asli’. Contoh, mengganti kue manis dengan dark chocolate atau buah-buahan keluarga berry. Menambahkan selai kacang yang sarat lemak sehat dan protein juga bisa menekan nafsu makan dalam waktu lama.

  • Perhatikan kondisi fisik dan mental tubuh

Apa Anda termasuk orang yang sering melampiaskan emosi lewat makanan? Kebiasaan ini rupanya tak dianjurkan, karena bakal membuat Anda sukar melepaskan makanan asin. Akan lebih baik kalau Anda memindahkan gejolak emosi tersebut pada olahraga, meditasi, atau latihan pernapasan tertentu. Selain itu, menyimpan segelas air putih di sekitar Anda dapat mencegah dehidrasi. Bawa juga kudapan sehat seperti kacang-kacangan, buah, atau dark chocolate sebagai pengganjal rasa lapar.

Dari pemaparan di atas, Anda bisa tarik kesimpulan bahwa meninggalkan makanan asin tak sulit selama punya tekad dan konsistensi kuat. Semoga informasi ini membantu!

Share to