Jeruk Nipis, Bantu Tingkatkan Imun Sampai Cegah Keriput

Sabtu, 21 November 2020 Share to
Jeruk Nipis, Bantu Tingkatkan Imun Sampai Cegah Keriput

Walaupun memiliki rasa yang sangat asam, jeruk nipis  ternyata banyak sekali memiliki manfaat kesehatan. Jeruk nipis diketahui mengandung vitamin C, antioksidan dan beberapa bahan lain yang berguna untuk tingkatkan kesehatan dan berikut adalah beberapa manfaatnya. 

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Dalam satu buah jeruk nipis terkandung sekitar 19,5 mg vitamin C. Tidak hanya itu jeruk nipis juga mengandung magnesium, fosfor dan kalium serta vitamin A, E dan K yang semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh.

  1. Mencegah Kerutan

Jeruk nipis juga bisa membantu mencegah kerutan karena mengandung vitamin C yang bisa membantu memproduksi kolagen, protein yang akan membuat kulit, rambut dan kuku lebih kuat. Kolagen dibutuhkan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan juga menghaluskan kerutan. Caranya? Cukup peras air jeruk nipis secukupnya lalu tambahkan dengan madu dan air. Racikan ini bisa diminum setiap pagi ketika bangun tidur.

  1. Mencerahkan Kulit

Jus jeruk nipis mengandung asam sitrat yang sering dipakai dalam produk perawatan kulit untuk mengupas dan menumbuhkan kulit baru. Untuk mencerahkan kulit, setelah mencuci muka dengan pembersih ringan, peras sedikit air jeruk nipis ke dalam piring. Celupkan kapas ke dalam air jeruk nipis dan oleskan pada kulit. Biarkan selama 5-10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan merupakan senyawa penting yang melindungi sel tubuh dari molekul yang disebut radikal bebas. Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas bisa merusak sel tubuh dan kerusakan ini sering dihubungkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan berbagai jenis kanker.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Makanan tinggi vitamin C seperti jeruk nipis bisa membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

 

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5162154/5-manfaat-jeruk-nipis-tingkatkan-imun-hingga-cegah-keriput

Share to