Kale, Sayuran yang Hits Dengan Manfaatnya Untuk Tubuh

Kamis, 4 Juli 2019 Share to
Kale, Sayuran yang Hits Dengan Manfaatnya Untuk Tubuh

Anda yang rutin menyimak tren makanan sehat pasti familier dengan kale. Sayuran hijau yang bentuknya menyerupai bayam dan selada ini kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang berkhasiat bagi tubuh. Dalam satu gelas kale mentah saja terdapat setidaknya 3 gram protein, 2,5 gram serat, dan 33 kalori yang akan membantu sistem pencernaan Anda melakukan tugasnya. Belum lagi vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, asam folat, dan lemak omega-3 yang akan memenuhi asupan gizi bagi tubuh.

Meski sebagian besar kale yang dijumpai di pasaran mempunyai warna hijau, kenyataannya sayuran ini juga tersedia dalam warna hijau kebiruan (ungu). Dengan kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah, apa saja benefit yang ditawarkan kale untuk kesehatan tubuh?

  • Menjaga kesehatan jantung

Jantung sebagai salah satu organ vital tubuh membutuhkan proteksi maksimal agar fungsinya terjaga. Mengonsumsi kale dianggap mampu meningkatkan kesehatan jantung berkat tingginya vitamin K dalam sayuran tersebut. Betapa tidak? Vitamin K dalam kale mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 680%. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dulu kalau sedang menjalani pengobatan dengan warfarin maupun obat pengencer darah lainnya.

  • Mencegah kanker payudara

Kanker payudara adalah faktor penyebab kedua kematian pada perempuan di seluruh dunia. Sebelum penyakit kronis ini mengancam nyawa, ada baiknya Anda menekan risikonya sedini mungkin dan salah satu caranya adalah mengonsumsi kale. Sayuran ini mengandung sulforaphane, zat antioksidan dan simulator yang dipercaya mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker. Studi yang dilakukan pada 2010 menyebutkan sulforaphane dapat mengurangi sel kanker payudara hingga 80%.

  • Melindungi fungsi mata

Bukan cuma tinggi vitamin K, segelas kale mentah mengandung setidaknya 6.600 IU. Kementerian Kesehatan sendiri menganjurkan Anda mengonsumsi vitamin A  dengan 2.400 IU per hari. Vitamin A, seperti yang Anda ketahui, adalah salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Studi dari National Institute of Health menyatakan mengonsumsi vitamin A secara rutin akan mencegah mata dari risiko berbagai penyakit.

  • Menguatkan struktur tulang

Anda tidak suka minum susu? Tenang, kale tak hanya dapat dijadikan alternatif, melainkan sumber tinggi kalsium terbaik yang dapat diandalkan. Kadar rata-rata kalsium dalam susu hanya 1,13 mg per gram, sedangkan pada kale dapat mencapai 1,35 mg per gram. Dalam satu gelas kale sendiri terkandung 101 mg kalsium yang sangat bagus untuk menguatkan struktur tulang. Fakta ini juga menjadikan kale sebagai salah satu sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi.

Tertarik mencoba kale? Anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis atau dipanggang menjadi keripik sebagai camilan sehat. Pastikan juga bumbu yang digunakan mencukupi, ya!

Share to