Kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita Diabetes

Minggu, 3 Februari 2019 Share to
Kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita Diabetes

Diabetes memrupakan penyakit yang sangat merusak. Bahkan penyakit ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh penderitanya menurun drastis. Hal inilah yang membuat mereka sangat rentan terserang penyait, dan mungkin akan mengalami komplikasi akibat penyakitnya tersebut.

Untuk menjaga kesehatannya, penderita diabetes wajib untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Anda bisa melakukannya dengan melakukan beberapa trik berikut ini :

Kendalikan Karbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai sumber tenaga. Tapi jangan berlebihan, karena karbohidrat yang tidak terpakai akan menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Solusinya, Anda wajib menjaga asupan karbohidrat agar tidak berlebihan. Selain itu, sebaiknya Anda pun mengganti sumber kabohidrat yang biasa dikonsumsi, dengan karbohidrat komplek, seperti oatmeal, roti gandum utuh, beras merah, beras hitam, dan umbi-umbian.

Konsumsi Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ada banyak pilihan makanan yang bisa dikonsumsi, seperti bawang bombai dan bawang putih, jamur, yoghurt, madu, dan jahe merah.

Anda pun bisa mengonsumsi ramuan daun meniran, teh hijau, buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi, seperti mangga, jambu, dan makanan lainnya dengan kandungan antioksidan tinggi.

Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur akan mengacaukan keseimbangan hormon dan zat kimia dalam tubuh yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, selama tidur sel-sel tubuh Anda yang rusak akan segera diperbaiki, dan sel yang mati akan digantikan dengan sel yang baru.

Setidaknya Anda harus tidur selama 7-8 jam per malam. Jika Anda mengalami masalah gangguan tidur, segera hubungi dokter untuk solusi lebih lanjut.

Berhenti Merokok dan Olahraga

Rokok sangat mematikan bagi penderita diabetes. Lemahnya sistem imun penderita diabetes akan membuat daya rusak rokok semakin meningkat. Risiko komplikasi pun akan sulit dihindari, seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, pastikan Anda pun rutin berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Pilihan olahraganya bisa disesuaikan dengan kemampuan, seperti jogging, bersepeda, dan lainnya.

Share to