Langkah Sederhana untuk Cegah Pneumonia

Rabu, 29 April 2020 Share to
Langkah Sederhana untuk Cegah Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan atas, di hidung dan tenggorokan, yang mungkin menular. Dikutip dari laman situs Healthline, pneumonia bisa terjadi pada siapa pun, dan di usia berapapun. Penyakit ini berisiko pada bayi di bawah usia 2 tahun, dan orang dewasa di atas 65 tahun.

Walaupun berbahaya dan bisa menular, penyakit pneumonia dapat dicegah dan berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mencegah pneumonia.

1. Vaksinasi

Lakukan vaksinasiĀ  flu tiap tahun untuk mencegah flu musiman. Flu merupakan penyebab umum pneumonia, jadi mencegah flu adalah cara tepat untuk mencegah pneumonia.

Selain vaksin flu, ada beberapa vaksin lain yang bisa membantu mencegah infeksi bakteri dan virus yang bisa menyebabkan pneumonia, seperti vaksin pertusis (batuk rejan), vaksin cacar air dan vaksin campak.

2. Rutin mencuci tangan

Sangat sederhana memang, tapi tidak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya mencuci tangan. Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah dari kamar mandi, mengganti popok, sebelum makan, atau menyiapkan makanan.

3. Tidak merokok

Tembakau bisa merusak kemampuan paru-paru untuk bisa melawan infeksi, dan karena itulah perokok lebih berisiko terkena pneumonia.

4. Lakuan pola hidup sehat

Lakukan pola hidup sehat dari sekarang untuk membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit pernapasan. Pola hidup sehat juga bisa membantu memberikan pemulihan tubuh yang lebih cepat saat kita masuk angin, flu atau mengalami penyakit pernapasan lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin mendapat informasi lebih tentang pneumonia, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

Share to