Makanan yang Sebaiknya Dihindari untuk Mencegah Sakit Jantung

Senin, 31 Agustus 2020 Share to
Makanan yang Sebaiknya Dihindari untuk Mencegah Sakit Jantung

Pasti banyak dari Anda yang sudah tahu bahwa menjalani pola makan sehat adalah salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan jantung. Pola makan sehat terbukti tidak hanya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah dan kadar insulin, tapi bisa juga membantu mencegah obesitas dan meningkatkan fungsi jantung & pembuluh darah.

Nah, karena itulah selalu pilih makanan yang bernutrisi baik untuk kesehatan dan untuk mencegah penyakit jantung, 4  jenis makanan ini perlu dihindari.

 

  1. Daging yang diproses & tinggi kolesterol

Daging asap, nugget, sosis dan kornet termasuk di dalam kategori daging olahan. Produk daging yang dijual dalam kemasan tersebut umumnya melalui proses pengawetan memakai garam, nitrat, serta bahan pengawet yang bisa memberi pengaruh buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

  1. Karbohidrat olahan

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting untuk tubuh. Tetapi, untuk mencegah terkena penyakit jantung, sebaiknya hindarilah jenis karbohidrat olahan seperti sereal instan, mi instan, roti putih, biskuit dan spaghetti. Karbohidrat ini sudah proses pengolahan, sehingga nutrisi baik seperti serat makanan, mineral, dan asam lemak, justru akan berkurang atau bahkan sudah hilang.

Tidak jarang juga ada bahan-bahan berbahaya bagi tubuh yang biasanya turut ditambahkan, seperti lemak trans, fruktosa, juga sodium yang sudah pasti akan tidak sehat untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang sudah mengidap penyakit jantung.

  1. Makanan cepat saji

Rasanya yang lezat dan menggugah selera, membuat makanan jenis ini sangat digemari. Tapi Anda perlu tahu bahwa makanan cepat saji kurang baik untuk kesehatan tubuh. Kenapa? Karena makanan ini biasanya tinggi kandungan sodium, lemak trans, karbohidrat dan gula. Selain itu, makanan cepat saji mayoritas rendah serat dan nutrisi.

Saat dikonsumsi secara berlebihan, tidak hanya jantung yang bisa terancam kesehatannya, namun juga organ lainnya, seperti liver, ginjal dan  sistem pencernaan bisa terganggu.

  1. Soda dan minuman manis kemasan

Kandungan gula yang tinggi dalam jenis minuman ini memiliki efek yang sama buruknya dengan karbohidrat olahan. Mereka yang hobi mengonsumsi soda biasanya akan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang tidak minum soda. Tidak hanya itu, bahan kimia dalam minuman soda dan minuman manis kemasan beresiko mengubah bakteri pencernaan sehingga menyebabkan mereka yang sering mengonsumsinya lebih rentan mengalami kenaikan berat badan.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah sakit jantung. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis atau ahli gizi. Semoga informasinya bermanfaat!

Share to