Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan

Sabtu, 10 November 2018 Share to
Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan

Tomat merupakan jenis sayuran yang mengandung zat khusus bernama likopen, sejenis antioksidan yang berkhasiat untuk menurunkan risiko kanker. Bagi pria, beberapa penelitian menyebut tomat efektif untuk menurunkan risiko kanker prostat.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari tomat, baik saat dikonsumsi langsung, atau diolah jadi jus.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Tomat kaya akan antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Penelitian membuktikan jika konsumsi jus tomat dengan tambahan minyak zaitun selama 10 minggu, efektif menurunkan risiko sunburn dan kulit tampak tua akibat dari paparan sinar matahari.

Tomat pun mampu mengangkat sel kulit mati, bersifat anti-bakteri untuk mencegah dan mengontrol jerawat. Tomat bisa Anda gunakan sebagai masker wajah, atau dikonsumsi sebagai jus.

Melindungi Jantung

Selain karena kandungan antioksidan yang bernama likopen, tomat pun mengandung sejumlah nutrisi lainnya, seperti kolin, potassium, vitamin C, kalium dan tinggi serat.

Seluruh nutrisi ini dipercaya ampuh meningkatkan fungsi jantung, menjaga daya tahan tubuh tetap baik, dan mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan Penglihatan

Sama seperti wortel, tomat mengandung beta-karoten dan vitamin A, yang terbukti ampuh untuk menjaga fungsi mata, meningkatkan penglihatan dan mendukung fungsi retina.

Selain itu, tomat pun efektif menurunkan risiko xeroftalmia, penyakit berbahaya yang menyebabkan bola mata jadi kering, pembengkakan kelopak mata dan kornea mengeras. Jika tidak ditangani dengan baik, xeroftalmia ini bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi 25 mg likopen per hari (setara dengan 2 cangkir jus tomat), efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh hingga 10 persen. Selain itu, tomat pun efektif menjaga tekanan darah tetap stabil, dan membantu menurunkan risiko stroke.

Selain itu, kemampuan tomat dalam menurunkan kolesterol pun telah teruji secara klinis efektif untuk menjaga kesehatan jantung mengurangi peradangan dan mencegah pembekuan darah.

Cocok Bagi Penderita Diabetes

Selain apel dan anggur, tomat termasuk jenis buah dengan kandungan karbohidrat yang sangat rendah, yakni sekitar 4 gram dalam setiap 100 gram tomat. Selain itu, tomat pun kaya akan serat, dan mengandung antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Penelitian menyebut jika rutin konsumsi 2-3 buah tomat setiap hari selama 8 Minggu, mampu menurunkan kadar gula darah, dan menjaganya tetap stabil. Bagaimana, sudahkah Anda rutin konsumsi jus tomat?

Share to