New Normal Segera Diberlakukan Tingkatkan Sistem Imun dengan Cara Ini

Rabu, 6 Mei 2020 Share to
New Normal Segera Diberlakukan Tingkatkan Sistem Imun dengan Cara Ini

Secara bertahap, pemerintah menerapkan fase new normal pada bulan Juni 2020. New normal merupakan fase kehidupan baru di mana warga bisa kembali menjalankan kegiatan secara normal tapi tetap menjalani protokol pencegahan virus corona (Covid-19).

Protokol pencegahan tersebut meliputi  penggunaan masker, mengurangi kontak fisik, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Selain tetap menjalani protokol kesehatan, untuk menghadapi fase new normal kita juga harus selalu menjaga dan meningkatkan sistem imunitas.

1. Rutin mengkonsumsi makanan sehat

Buah-buahan dan juga sayuran seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E terbukti bisa membantu dapat meningkatkan imun tubuh. Selain itu, karena banyak sayuran, buah-buahan dan makanan nabati lainnya yang juga kaya antioksidan, makanan sehat tersebut juga bisa membantu mengurangi stres oksidatif.

2. Mengelola stres

Beberapa penyakit seperti sakit perut, gatal-gatal, dan penyakit jantung ternyata juga berhubungan dengan efek stres emosional. Dengan mengelola stres secara baik, akan membuat sistem imun meningkat dan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

3. Tidur yang cukup

Tubuh kita butuh istirahat untuk memulihkan tenaga. Selain itu, istirahat yang cukup seperti tidur bisa menekan risiko terjadinya masalah kesehatan yang serius seperti jantung, alzheimer dan obesitas.

4. Rutin berolahraga

Tidak ada alasan untuk tidak rutin berolahraga di masa New Normal ini. Selain baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh, rutin berolahraga juga bisa membantu kita untuk mengurangi stres.

5. Jangan merokok

Jika saat ini Anda merokok, berhentilah saat ini juga. Selain berisiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, seperti kanker paru, perokok juga memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga bisa lebih mudah terserang virus penyebab penyakit, termasuk virus Covid-19.

Share to