Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Kamis, 14 Januari 2021 Share to
Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Daya tahan tubuh anak-anak sudah pasti belum sekuat mereka yang sudah dewasa dalam melawan berbagai kuman penyebab infeksi. Karena itulah anak-anak menjadi lebih rentan terinfeksi berbagai penyakit. Untuk bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dan salah satunya adalah memberikan asupan nutrisi yang baik bagi daya tahan tubuh anak.

Berikut adalah nutrisi penting untuk daya tahan tubuh Si Kecil.

  1. Zinc

Zinc merupakan nutrisi yang bertugas memastikan sel darah putih berfungsi dengan baik. Sel darah putih adalah komponen utama dalam sistem daya tahan tubuh yang fungsinya adalah melawan serangan kuman atau virus penyebab penyakit. Contoh makanan yang mengandung zinc adalah makanan laut, seperti kerang (tiram), kentang, daging, kacang-kacangan, susu dan telur.

  1. Vitamin C

Sudah tidak diragukan lagi, vitamin C mampu memperkuat daya tahan tubuh, termasuk pada anak-anak. Vitamin C mampu meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh yang berperan untuk melawan kuman penyebab infeksi. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel karena radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit dan melemahkan sistem daya tahan tubuh.

Vitamin C terkandung dalam buah dan sayuran, seperti jeruk, jambu, mangga, bayam, kangkung, brokoli, tomat, stroberi, dan pepaya.

  1. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang bisa membantu menjaga kinerja sistem daya tahan tubuh. Dengan begitu, imun tubuh akan menjadi lebih kuat saat harus melawan kuman atau virus penyebab penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E kita bisa memberikan anak-anak makanan yang mengandung vitamin E, seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

  1. Folat

Folat berfungsi memproduksi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Folat juga berperan penting dalam proses produksi sel darah merah dan sel darah putih. Karena itulah, Si Kecil perlu mendapatkan asupan folat yang cukup supaya imun tubuhnya kuat. Tidak hanya bisa menjaga daya tahan tubuh, folat juga mampu mendukung perkembangan saraf otak Si Kecil. Folat bisa diperoleh dari mengonsumsi hati sapi, bayam, brokoli, tomat, dan sawi. 

  1. Selenium

Supaya daya tahan tubuh anak kuat sehingga tidak mudah sakit, asupan selenium juga harus diperhatikan. Kalau sang buah hati masih berusia di bawah 1 tahun, Si kecil membutuhkan 7–10 mcg (mikrogram) selenium setiap harinya. Saat usianya sudah 1–6 tahun, Si Kecil akan membutuhkan 18–20 mcg selenium tiap harinya.

Selenium bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan, seperti daging ayam, telur, nasi merah, susu, dan yoghurt. Selain itu, selenium juga bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran dan buah, seperti bayam dan pisang.

  1. Omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis asam lemak esensial (tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan harus diperoleh dari luar). Omega-3 bertugas dalam menjaga sistem daya tahan tubuh. Asam lemak ini juga akan membantu mengontrol peradangan di dalam tubuh.

Untuk mencukupi asupan omega-3, anak-anak bisa mengonsumsi  makanan yang mengandung omega-3, seperti daging, ikan laut, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang nutrisi penting untuk Si Kecil bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak atau ahli gizi.

 

Referensi: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/17/233901720/8-nutrisi-penting-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-anak?page=all

Share to