Olahraga dan Manfaatnya Untuk Tubuh Anda

Senin, 10 Desember 2018 Share to
Olahraga dan Manfaatnya Untuk Tubuh Anda

Bukan rahasia lagi bila olahraga membawa banyak benefit pada kesehatan Anda—baik fisik maupun mental. Tentunya manfaat-manfaat tersebut baru dapat Anda rasakan kalau latihan fisik yang dipilih dipraktikan secara konsisten dan sesuai dengan kondisi badan. Dengan begitu, tubuh pun akan mampu beradaptasi secara cepat dan menunjang kebugaran fisik.

Dalam hal ini, adaptasi merupakan respons tubuh Anda terhadap latihan fisik seperti olahraga. Durasinya bisa terjadi dalam waktu cepat (adaptasi akut) maupun lama (adaptasi kronis).

Apa saja manfaat yang dirasakan tubuh dari olahraga?

Setelah tubuh berhasil beradaptasi, Anda bakal mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini dari olahraga yang konsisten:

  1. Peningkatan performa pada jantung

Jenis latihan fisik yang tepat akan membuat ukuran serta kekuatan otot ventrikel jantung bagian kiri meningkat. Otot ini berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Naiknya kapasitas pada otot ventrikel akan menurunkan detak jantung, dengan pompa darah jadi lebih efisien. Tak hanya itu, pertumbuhan otot jantung, elastisitas pembuluh darah, dan kapasitas asupan oksigen akan lebih stabil.

  1. Membantu pembesaran otot-otot tubuh

Otot adalah bagian tubuh yang membutuhkan asupan energi dan oksigen secara konstan. Sementara itu, peningkatan massa dan ukuran otot sangat dipengaruhi jumlah pembuluh darah kapiler, mitokondria, enzim yang memproduksi energi, serta kapasitas penyimpan bahan makanan. Untuk mendapatkannya, Anda harus rajin berolahraga agar asupan makan bisa diolah jadi sumber tenaga yang maksimal.

  1. Kapasitas paru-paru lebih meningkat

Kebutuhan oksigen tubuh Anda akan ikut meningkat seiring naiknya intensitas olahraga. Secara tidak langsung, paru-paru akan ‘dipaksa’ bekerja lebih keras untuk mengimbangi kapasitas yang diperlukan. Anda tak perlu cemas, sebab proses ini bakal membuat organ tersebut mampu menyimpan, memakai, serta mendistribusikan oksigen lebih efisien.

  1. Mempercepat regenerasi pada tulang

Kontraksi otot tubuh terhadap tulang dalam proses adaptasi bakal mempercepat proses regenerasi tulang berkat pertumbuhan sel-sel tulang baru. Tahap ini memang terjadi perlahan dan bertahap saat Anda berolahraga, terutama dari latihan ketahanan yang melatih kekuatan otot. Regenerasi tulang pada umumnya terjadi pada kumpulan tulang aksial dan tulang anggota gerak.

Agar benefit-benefit di atas dapat terwujud sesuai ekspektasi, pastikan Anda menjaga asupan makan dan gaya hidup sehari-hari. Konsumsi juga suplemen berkualitas seperti HJ Generik yang telah terbukti dapat menjaga kesehatan dan stabilitas organ tubuh.

Share to