Perhatikan Yuk, Apa Saja yang Boleh dan Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Kamis, 19 Desember 2019 Share to
Perhatikan Yuk, Apa Saja yang Boleh dan Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Begitu Anda mendapatkan diagnosis diabetes dari dokter, Anda harus langsung memerhatikan konsumsi makanan sehari-hari dengan cermat. Pasalnya, kekeliruan dalam memilih makanan bagi Anda penderita diabetes akan memperparah kondisi Anda tersebut. Apalagi, pemilihan makanan yang tepat bagi penderita diabetes juga akan membantu Anda mengendalikan kadar gula di dalam darah dengan lebih baik.

Kalau begitu, apa saja ya makanan yang boleh dikonsumsi, serta yang wajib dihindari? Untuk mempermudah Anda dalam mengatur menu makan sehari-hari terlepas dari diabetes yang Anda miliki, yuk simak panduannya berikut ini. Selamat membaca!

Makanan yang Direkomendasikan untuk Diabetes

Pastinya, makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes adalah makanan sehat, terutama yang kandungan gulanya rendah. Misalnya:

  1. Sayuran.

Tinggi serat, vitamin, dan mineral, sayuran merupakan bahan makanan yang wajib dikonsumsi oleh siapa saja secara teratur. Apalagi, kandungan serat yang tinggi di dalam sayuran bisa membantu menimbulkan rasa kenyang yang bertahan lebih lama, sehingga Anda jadi bisa mengendalikan nafsu makan yang sama artinya dengan mengendalikan gula darah. 

Beberapa jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi misalnya brokoli, bayam, kembang kol, asparagus, labu, zucchini, terong, dan wortel.

  1. Buah-buahan.

Meskipun ada kandungan gula di dalamnya secara alami, buah sama-sama kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Dan karena itulah konsumsi buah yang paling baik adalah tanpa adanya tambahan pemanis lagi seperti gula pasir. 

Beberapa jenis buah yang sebaiknya Anda konsumsi misalnya anggur, tomat, jeruk, kiwi, apel, stroberi, pisang, dan ceri.

  1. Biji-bijian utuh (whole grain).

Adanya kandungan karbohidrat kompleks di dalam biji-bijian utuh yang tinggi serat membuatnya jadi pilihan sumber makanan yang baik untuk membantu Anda mengendalikan gula darah. Pasalnya, selain membuat Anda kenyang lebih lama, kandungan gula di dalamnya akan dicerna secara perlahan.

Beberapa contoh biji-bijian utuh yang baik untuk Anda santap setiap hari misalnya beras merah, quinoa, roti gandum, pasta gandum, millet, amaranth, dan oatmeal.

  1. Daging dan ikan.

Baik daging dan ikan merupakan sumber protein yang penting, termasuk bagi penderita diabetes. Serupa dengan makanan kaya serat, sumber protein juga akan dicerna secara perlahan oleh tubuh. Selain memberikan efek kenyang yang lebih lama, hal ini juga membuat tubuh berenergi dalam waktu yang lebih lama. Beberapa makanan berprotein yang direkomendasikan bagi penderita diabetes misalnya ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, ikan segar, telur, tahu, dan tempe.

  1. Susu dan produk susu.

Kandungan kalsium dan protein di dalam susu maupun produk olahannya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Meski begitu, ada beberapa jenis susu dan produk susu yang tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Sementara itu, produk-produk yang diizinkan misalnya keju cottage, parmesan, atau ricotta, susu rendah lemak atau susu skim, dan yogurt rendah lemak.

  1. Minuman.

Ketika Anda berbelanja produk minuman, Anda perlu waspada karena ada banyak produk yang mengandung tambahan pemanis atau gula tersembunyi, yang pastinya akan sangat memengaruhi kadar gula darah Anda. Sementara itu, produk-produk makanan yang aman untuk dikonsumsi misalnya air mineral, kopi dan teh tanpa pemanis, dan jus buah tanpa gula.

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berbagai makanan dengan kandungan gula maupun pemanis tambahan dan gula tersembunyi wajib dijauhi oleh Anda yang punya diabetes. Jenis-jenis makanan seperti itu misalnya:

  • Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana atau gula tinggi, seperti nasi putih dan roti tawar.
  • Makanan kaleng yang tinggi kandungan natrium (garam).
  • Makanan tinggi lemak trans dan lemak jenuh, seperti gorengan, ayam dengan kulit, daging berlemak, dan makanan cepat saji. 
  • Permen, kue manis, selai, dan jeli.
  • Minuman bersoda.
  • Minuman berenergi.
  • Kopi dengan gula dan krim.
  • Teh manis.
Share to