Saluran Cerna Sehat untuk Imun Tubuh Optimal

Senin, 26 Oktober 2020 Share to
Saluran Cerna Sehat untuk Imun Tubuh Optimal

Sistem imun adalah hal penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja, terutama saat kita semua masih berada di masa pandemi Covid-19. Sejatinya, sistem imun merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Sistem imun yang berfungsi baik akan mampu melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Sebaliknya, jika imun tubuh lemah, patogen (penyebab penyakit) akan lebih mudah menyerang tubuh dan akhirnya berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan kita.

Salah satu cara mempertahankan dan membangun sel imun, yakni mengonsumsi makanan bergizi yang bisa menunjang tubuh menjadi sehat, namun dengan syarat nutrisi benar-benar terserap. Nah, tubuh tidak akan menyerap nutrisi apa pun kalau pencernaan tubuh mengalami masalah. Karena itulah, pencernaan sehat wajib dimiliki oleh setiap orang, terutama anak-anak. 

Dilansir dari laman situs health.grid.id, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dalam acara Seminar Digital “Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal”, Senin (20/7/2020), mengungkapkan sebanyak 70-80% perkembangan sel imun itu dipengaruhi oleh keseimbangan mikrobiota saluran cerna. Jadi semakin sehat saluran pencernaannya, maka daya tahan tubuh pun akan semakin baik.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menjaga pencernaan tetap sehat? Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi kombinasi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus.  

Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik adalah kimchi dan tempe. Sedangkan prebiotik adalah senyawa natural yang bisa menstimulasikan perkembangan probiotik, contohnya apel, pisang, jeruk, bawang putih.

Selain probiotik dan prebiotik, dr. Ariani juga mengungkapkan bahwa konsumsi mikronutrien juga disarankan untuk membantu memelihara sistem imun di dalam usus. Salah satu bentuk mikronutrien adalah vitamin dan jenis vitamin tersebut adalah vitamin A, C, D, dan E.

Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://health.grid.id/read/352253508/gizi-bukan-faktor-mutlak-penentu-imunitas-ini-cara-mengoptimalkannya-melalui-kesehatan-saluran-cerna?page=all

Share to