Tanda Imun Tubuh Melemah plus Tips Mengatasinya

Jumat, 13 November 2020 Share to
Tanda Imun Tubuh Melemah plus Tips Mengatasinya

Tugas utama dari sistem imun (kekebalan) tubuh adalah melindungi kita dari berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat pemulihan setelah sakit. Imun tubuh harus tetap terjaga karena jika imun tubuh melemah akan membuat kita mudah jatuh sakit.  Lalu, apa saja tanda dari imun tubuh yang melemah? Menurut data Penn Medicine, berikut adalah beberapa tanda awal melemahnya sistem imun tubuh. 

 

  • Tingkat stres sangat tinggi 

 

Menurut laporan American Psychological Association, stres jangka panjang beresiko melemahkan sistem imun tubuh. Seorang pakar pengobatan internal Nadia Hasan mengungkapkan bahwa stres bisa menurunkan limfosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. 

 

  • Lebih sering pilek 

 

Pilek memang seringkali bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari. Tetapi, terus-menerus pilek bisa menjadi tanda bahwa sistem imun tubuh kita sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita. 

 

  • Lebih sering alami masalah pencernaan 

 

Sering mengalami diare, kembung, atau sembelit bisa menjadi salah satu tanda sistem imun tubuh sedang terganggu. Sebuah studi menunjukkan, hampir 70% sistem imun tubuh terletak di saluran pencernaan. Tidak hanya itu, di dalam pencernaan juga terdapat berbagai bakteri dan mikroorganisme baik yang bisa mendukung sistem imun. Kalau jumlah mikroorganisme atau bakteri tersebut berkurang, kita menjadi beresiko besar mengalami infeksi, peradangan kronis, sampai gangguan autoimun.

 

  • Luka lebih lama sembuh 

 

Ketika kulit mengalami luka, tubuh akan berusaha untuk menyembuhkannya dengan mengalirkan darah kaya nutrisi supaya terjadi regenerasi kulit baru. Tetapi, proses ini tergantung pada kekuatan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang lemah akan membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka menjadi lebih lama sembuhnya. 

 

  • Sering merasa lelah 

 

Sering merasa lelah padahal tidur sudah cukup juga bisa menjadi tanda bahwa sistem imun tubuh sedang melemah. Hal ini terjadi karena sistem imun tubuh juga turut berpengaruh pada tingkat energi yang ada di dalam tubuh.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imun tubuh dan berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Makan yang seimbang
  2. Tidur yang cukup
  3. Olahraga teratur
  4. Rajin cuci tangan
  5. Vaksinasi secara rutin
  6. Pertahankan berat badan yang ideal dan sehat
  7. Jangan merokok
  8. Kurangi stres yang berlebihan

 

Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://health.kompas.com/read/2020/09/17/103639268/5-tanda-melemahnya-sistem-imun-yang-kerap-tak-disadari?page=all

 

Share to